Friday, September 20, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalHUT KAJ Dimeriahkan dengan Jalan Santai Lintas Agama

HUT KAJ Dimeriahkan dengan Jalan Santai Lintas Agama

Jakarta, benang.id  – Keuskupan Agung Jakarta  dalam rangka merayakan ulang tahun ke-217 nya mengadakan acara jalan santai lintas agama di seputar Gereja Katedral. Acara santai dan meriah ini  dihadiri sama Wali Kota  Jakarta Pusat, Dhany Sukma, dan Wakil dari Kementerian Agama Saiful Rahmat Dasuki dan  beberapa tokoh lintas agama seperti dari Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta Ahmad Sjafii  Mufid. Acara  jalan santai Lintas Agama ini dimulai dari  Gereja Katedral, Jakarta Pusat pada Sabtu (13/5)  jam 06.30 pagi dengan tema besar ‘Jalan Santai Kerukunan dan Kebhinnekaan Lintas Agama’.

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo dan beberapa tokoh lintas agama dalam kesempatan dalam sambutannya  menyapa semua orang yang datang dan ikut meramaikan jalan  santai ini. Dalam sambutannya, Uskup Ignatius Suharyo menegaskan  acara jalan santai ini adalah terutama untuk membuat umat lintas agama tetap bersatu.

“Jadi, hari ini kalau kita jalan-jalan bersama-sama, itu artinya kita jalan-jalan dengan simbol kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia buat terus maju bersama-sama,” ujarnya dalam sambutan di atas panggung.

“Dengan kita bisa jalan-jalan bersama-sama, seperti disimbolkan sama Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal. Itu hanya simbol, tapi itu bisa membuat persaudaraan dan persekutuan kita menadi makin kuat sebagai bangsa,” tambahnya.

Uskup Ignatius Suharyo menjelaskan kalau Indonesia bisa menunjukkan  persaudaraan kita, bangsa lain bakal kagum sama Indonesia yang beragam ini.

“Kalau kita bisa bangun persaudaraan sama-sama, membuat  perdamaian di Indonesia ini makin kuat, dan kalau semua ini terjadi, kebersamaan kita ini bisa menunjukkan kesaksian ini maka bangsa kita bakal diidolakan sama bangsa lain, malah karena kebersamaan itu,” ungkapnya.

Mgr Ignasius Suharyo  berharap persaudaraan ini bisa terus terjalin antar agama. “Karena itu saya ucapkan terima kasih buat komunitas sahabat lintas agama kita. Yuk, terus jalan bareng-bareng buat bangun persaudaraan, menguatkan keterlibatan, dan terus memberu kesaksian bahwa kita satu bangsa yang mau jadi bangsa yang sejahtera untuk semua orangnya,” tambahnya.

Ketua FKUB DKI Ahmad Sjafii Mufid mengakui sangat bangga dengan acara ini yang menunjukkan kerukunan antar umat dan semakin menunjukkan bahwa kita sebagai bangsa tidak bisa berjalan sendirin tapi harus bersama-sama.

Di acara itu, banyak masyarakat lintas agama yang ikutan bergabung. Ada umat Katolik dari masing-masing paroki paroki dari wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi yang ikut meramaikan juga.

Acara ini juga diramaikan sama kesenian Nusantara kayak tanjidor, ondel-ondel, barongsai, dan jatilan. Peserta dan masyarakat  juga bisa melihat  beberapa umat  yang mengengakan baju daerah dari daerah-daerah yang berbeda.

Terakhir, Acara ini diakhiri dengan potong tumpeng oleh Uskup Mrg Ignasius Suharyo didampingi tokoh agama yang ada dan melepas peserta jalan santai yang akan berjalan melewati Jl. Veteran II Gambir, Jl. Perwira, Jl. Lap. Banteng Selatan, Hotel Borobudur, Jl. Lap. Banteng Timur (Kementrian Keuangan), Jl. Lap. Banteng Utara (Kantor Pos), dan kembali ke Gereja Katedral. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments