Jakarta, benang.id – Hasil riset Big data social media atau media sosial (medsos) menunjukkan ekspos tentang Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Naswedan.
Demikian dikemukakan Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong, Selasa (16/5/2023), dalam Press Conference “Pergerakan Suara Pemilih Kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024”, terkait hasil riset big data dan media monitoring Pemilu 2024 yang dilakukan oleh PEDAS.
Anthony Leong menyampaikan bahwa metode penelitian ini menggunakan Monitoring Big Data, yang dimana data-datanya dihimpun dari artikel berita, berbagai media sosial, baik berbentuk grafis, suara, dan lain sebagainya.
“Ekspos Capres Ganjar Pranowo teratas dengan 31% (40.652 data), disusul Prabowo Subianto dengan 29% (38.029 data), Anies Baswedan dengan 28% (36.718 data), Airlangga Hartarto dengan 3% (3.934 data), Sandiaga Uno dengan 3%(3.934 data), Puan Maharani dengan 2% (2623 data), Ridwan Kamil 2% (2623 data), Agus H Yudhoyono 2% (2623 data),” ungkap Anthony.
Meskipun jika dilihat sentimen positisnya masih diungguli oleh Prabowo Subianto, dan data ini hanya di periode 1 April 2023 – 30 April 2023.
“Semua data dan sentimen dapat berubah begitu cepat tergantung pada strategi kampanye dan framing di dunia digital masing-masing Capres nantinya,” kata Anthony. Hal menarik juga, berdasarkan hasil analisis, untuk kandidat capres Ganjar Pranowo, paling banyak diperbincangkan dalam media sosial, yakni berpasangan dengan ErickThohir. Terdapat tagar yang digaungkan, seperti #GanjarErickDuetTerbaik. (*)