Friday, September 20, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalSr Maria Veronica MC: Paus Fransiskus Ingin Buktikan Indonesia Jadi Berkat Dunia

Sr Maria Veronica MC: Paus Fransiskus Ingin Buktikan Indonesia Jadi Berkat Dunia

Roma, benang.id –  Paus Fransiskus ingin mengunjungi Indonesia untuk membuktikan rasa penasarannya akan panggilan iman misionaris Indonesia yang tersebar hingga ke pulau-pulau terpencil.

Hal tersebut dikemukakan Suster Maria Veronica MC yang berkarya di Roma, Italia, sebagai Asisten Jenderal Kongregasi Missionaris Claris (MC), saat diwawancarai ONTV –channel Youtube yang dikelola Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI), di rumah kediaman Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono, tengah April 2024.

Klik https://www.youtube.com/watch?v=IZOrbJurnU8

“Paus Fransiskus dalam kondisi fisiknya seperti itu berkenan untuk mengunjungi Indonesia. Karena Paus ingin tahu Indonesia itu seperti apa sih. Dan saya bersykur kepada Indonesia, Tanah Air saya tercinta dan tentu Paus nanti akan dapat membuktikan kepada dunia inilah Indonesia yang membawa berkat bagi dunia,” tutur Suster yang meraih gelar Doktor ahli hukum gereja ini.

Sr Maria Veronica MC siap-siap diwawancarai Mayong Suryo Laksono dari ONTV di halaman samping KBRI Takhta Suci Vatikan, medio April 2024. Foto: PWKI/AM Putut Prabantoro

Sr Vero –demikian  ia akrab disapa– bersyukur atas Indonesia di mana tidak hanya orang Katolik tetapi dari agama apapun sangat concern terhadap praktik hidup berimannya. “Yang muslim juga sangat bersemnagat dalam menjalankan ibadahnya, seperti di dalam keluarga saya yang bercampur muslim dan katolik. Begitu juga dengan agama-agama yang lain,” jelasnya.

Ia juga bersyukur bahwa para generasi muda Katolik Indonesia tidak hanya memikirkan dirinya untuk dirinya. Ia meilihat panggilan masih sebagai kebanggaan hidup bahwa dia bisa memberikan hidupnya bagi Tuhan dan juga bagi sesama.

Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono (berpeci) menyampaikan sambutan singkat sebelum santap malam dalam pertemuan Halal Bihalal KBRI Vatikan yang dihadiri oleh KBRI Italia, Ikatan Rohaniwan Rohaniwati Indonesia di Kota Abadi Roma (IRRIKA) –termasuk Sr Maria Veronica MC–beserta rombongan PWKI, medio April 2024. Foto: benang.id/Gora Kunjana

Sr Vero mengamini pernyataan Paus Fransiskus tentang suburnya benih panggilan di Indonesia, sehingga misionaris Indonesia tersebar di berbagai Negara. Sepanjang pengalaman dia berkarya di sejumlah Negara, di Negara kecil pun ada misionaris atau imam biarawan dan biarawati Indonesia.

Ia pun bersyukur kepada Allah, dan berharap Indonesia tetap mempertahankan hal itu, menunjukkan kesaksian yang baik sebagai orang Indonesia.

Sr Maria Veronica MC saat diwawancarai Mayong Suryo Laksono dari ONTV di halaman samping KBRI Takhta Suci Vatikan, medio April 2024. Foto: benang.id/Gora Kunjana

“Kita masih dikenal sebagai orang yang santun, suka bekerja keras, tanggung jawab dan sebagainya.Tentu masih ada yang kurang di sana sini, tetapi secara umum misionaris Indonesia cukup dapat dibanggakan. Dan itu harusnya terus kita perkuat dengan formasi religus,” katanya.  (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments