Thursday, September 19, 2024
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiTiga Saham dan Satu PFS Ini Layak Ditransaksikan

Tiga Saham dan Satu PFS Ini Layak Ditransaksikan

Cermati Sentimen Suku Bunga Bank Sentral AS dan Rilis Kinerja Emiten Big Banks

Jakarta, benang.id – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,09 dalam sepekan di level 7.288,167 pada penutupan perdagangan pada Jumat (26/7/2024). Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT) Angga Septianus menegaskan pelemahan IHSG pada pekan lalu tertopang 2 top losers yakni IDX BASIC yang melemah sebesar -1,29% karena koreksi saham MDKA, SMGR, INTP dan TPIA sera IDX NONCYC yang melemah -1,20% karena koreksi pada saham Poultry MLBI.

Untungnya, IHSG tidak terkoreksi terlalu dalam karena 2 top gainers yakni IDX TECHNO yang tumbuh sebesar 2,44% dan IDX TRANS yang tumbuh sebesar 1,56% karena kenaikan saham BIRD dan GIAA.

Dalam analisisnya Angga menjelaskan pergerakan IHSG pada pekan lalu terdampak 3 sentimen, yakni rilis kinerja emiten big banks, PMI Manufaktur AS dan PCE AS.

Terkait sentimen rilis kinerja emiten big banks, laba bersih emiten BBRI pada triwulan II tahun 2024 hanya tumbuh 1% (YoY) dan secara kuartalan turun 13%. Penurunan disebabkan naiknya biaya pencadangan dari periode sebelumnya sebesar Rp14 T ke Rp21 T atau 52,28% (YoY). Selanjutnya, laba bersih BBCA pada triwulan II tahun 2024 tumbuh sebesar 11% (YoY) dań secara kuartalan meningkat 8,7%.

“Pertumbuhan ini ditopang ekspansi pembiayaan secara berkualitas serta peningkatan volume transaksi dan pendanaan. Sentimen rilis kinerja emiten big banks ini masih akan berlanjut pada pekan ini,” tandasnya.

Sementara itu terkait sentimen PMI Manufaktur AS, jelas Angga, PMI Manufaktur AS turun di bawah 50 dan masuk ke zona kontraksi karena penurunan produksi dan pesanan barang baru sempat menjadi kekhawatiran market AS.

Terakhir, ada sentimen PCE AS, dimana the personal consumption expenditures price index meningkat 0,1% pada bulan Juni dan naik 2,5% dari tahun lalu.

“Harga barang mengalami penurunan, termasuk barang-barang terkait kebutuhan rumah juga tumbuh lebih lambat, sementara penghasilan pribadi mengalami pertumbuhan di bawah ekspektasi pasar.”

Sentimen Minggu Ini dan Rekomendasi Saham

Bursa Efek Indonesia. Foto: benang.id/Gora Kunjana

Berbicara tentang potensi market pada 29 Juli – 2 Agustus 2024, Angga mengimbau para trader untuk memerhatikan dua sentimen, yakni inflasi & PMI Indonesia dan suku bunga Bank Sentral AS.

Pertama, sentimen inflasi & PMI Indonesia, dimana berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia (BI), responden memperkirakan rata-rata inflasi nasional pada 2024 akan mencapai 3,17%.

“Pada bulan Juli diperkirakan inflasi tidak bergerak jauh dari bulan sebelumnya seiring stabilnya nilai tukar Rupiah.”

Kedua, sentimen suku bunga Bank Sentral AS, dimana prospek penurunan suku bunga semakin dekat di bulan September karena data makro ekonomi yang semakin mendukung seperti PCE AS dan PDB AS yang juga tetap stabil di tengah era suku bunga tinggi. Statement dari Gubernur The Fed, Jerome Powell juga akan dicermati pelaku pasar.

IPOT Chat, platform community investing pertama di Indonesia. Foto: Indo Premier

Berkaca pada data ekonomi dan sentimen di atas, IPOT merekomendasikan 3 saham dan 1 Power Fund Series untuk trading dan transaksi buy pada minggu ini hingga Jumat (2/8/2024).

  1. Buy MEDC (Support 1.275, Resist 1.400) potensi diturunkannya suku bunga seiring rilis data PCE AS yang semakin mendekati target the Fed 2%, dan suku bunga yang mungkin bisa turun di September dan berpotensi turun sampai 3x di tahun ini akan memicu permintaan komoditas terutama energi minyak secara global. Selain itu jika Trump memenangkan pemilu setelah kemunduran Biden juga dapat memicu pemulihan ekonomi AS secara cepat.
  2. Buy on Pullback BMRI (Support 6.250 Resist 6.550). Pasar menunggu rilis kinerja BMRI setelah rilis kinerja BBCA dan juga BBRI sebelumnya.
  3. Buy PTBA (Support 2.600, Resist 2.800) – Emiten ini layak ditradingkan. Ada kenaikan harga batu bara global yang dipicu oleh peningkatan target konsumsi batu bara untuk listrik karena kenaikan harga gas untuk konsumsi AS.

4. Buy IXIID (Premier ETF Index IDX30). Power Fund Series (PFS) ini berpotensi terkerek sentimen positif rilis kinerja keuangan kuartal kedua. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments