Thursday, September 19, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalSurvey Digital: Anies, Kaesang dan Ridwan Kamil Menonjol di Pilkada Jakarta

Survey Digital: Anies, Kaesang dan Ridwan Kamil Menonjol di Pilkada Jakarta

Jakarta, benang.id – Tiga nama yaitu Anies Baswedan, Kaesang, dan Ridwan Kamil menonjol atau memperoleh eksposur dominan berdasarkan hasil hasil Survei Digital Pilkada Jakarta yang dilakukan PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS) selama periode 1 April hingga 15 Juli 2024.

“Dari hasil Survei Digital media monitoring kami, terlihat ada tiga nama yang memperoleh ekspos dominan yakni Anies Baswedan, Kaesang, dan Ridwan Kamil,” ujar Direktur PEDAS, Anthony Leong pada keterangannya di Jakarta, Minggu (4/8/2024).

Wakil Sekretaris Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) itu menjelaskan bahwa Anies Baswedan memiliki eksposur paling dominan dengan jumlah 74.186, berkat deklarasinya sebagai calon gubernur.

“Ekspos Anies Baswedan paling dominan daripada calon lainnya, yaitu sebanyak 74.186,” lanjutnya.

Direktur PEDAS, Anthony Leong. Foto: PEDAS

Kaesang menduduki peringkat kedua dengan eksposur sebanyak 33.584, yang didorong oleh aktivitas blusukan di berbagai wilayah Jakarta.

“Sedangkan Ridwan Kamil mendapatkan eksposur sebesar 19.636, terkait pemberitaan tentang kemungkinan dirinya masuk dalam kontestasi Pilgub Jakarta, meski Golkar lebih mengarahkan Ridwan maju di Pilgub Jabar karena elektabilitasnya masih rendah di Jakarta,” tutur Anthony.

Terkait sentimen analisis, Anies Baswedan memperoleh 51.854 sentimen positif, 9.317 sentimen negatif, dan 13.015 sentimen netral dari total 74.186 eksposur. Kaesang mendapat 17.941 sentimen positif, 10.292 sentimen negatif, dan 5.351 sentimen netral dari total 33.584 eksposur. Ridwan Kamil mendapat 13.587 sentimen positif, 3.127 sentimen negatif, dan 2.922 sentimen netral dari total 19.636 eksposur.

Anies buka Jakarta Fair
Anies Baswedan. Foto: DPMPTSP DKI

Anthony yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) juga menjelaskan beberapa isu positif yang mendongkrak eksposur Anies Baswedan.

“Anies serius mempertimbangkan kembali menjadi calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2024 dan mendapat dukungan dari DPW PKS DKI Jakarta sebagai calon gubernur,” kata Anthony.

Meski begitu, ada juga isu negatif yang muncul, seperti KPU DKI memastikan duet Anies-Ahok di Pilkada 2024 tidak bisa terwujud, serta pandangan pengamat yang menyebut wacana Anies-Kaesang hanya “gimmick” dari PSI. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments