Friday, September 20, 2024
No menu items!
spot_img
HomeNasionalMendarat di Bandara Soekarno Hatta, Paus Fransiskus Disambut Tokoh Gereja dan Menteri...

Mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Paus Fransiskus Disambut Tokoh Gereja dan Menteri Agama

Jakarta, benang.id – Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Indonesia pada Selasa (3/9/2024), sekitar pukul 11.25 WIB.

Kedatangan Paus Fransiskus disambut tokoh gereja dan pejabat negara serta seluruh Panitia Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia yang sejak pagi telah berada di Terminal 3.

ITA Airways yang membawa rombongan Paus

Mereka yang menyambut di Ruang VVIP di Terminal 3 antara lain Menteri Agama Yaqut Qolil Qoumas, Dubes Vatikan Mgr Piero Pioppo, Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Trias Kuncahyono, Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Kardinal Suharyo, Ketua KWI Mgr Antonius Bunyamin OSC, dan Ketua Panitia Ignasius Jonan.

Tpkph gereja dan pejabat negara menyambut kedatangan Paus Fransiskus

Sebelumnya di sekitar landas pacu tampak aktivitas petugas untuk mempersiapkan segala sarana dan prasarana, seperti tangga khusus yang akan ditapaki langkah Paus Fransiskus dari pesawat ke landasan.

Sementara itu, dari sisi pinggir landasan pacu juga tampak sejumlah fotografer dan kameramen TV siap mengabadikan momen bersejarah saat Paus Fransiskus untuk kali pertama menapakkan kakinya di bumi Indonesia.

Paus Frnasiskus menerima bunga dari anak-anak. Tampak Pastor Markus Solo Kewuta SVD mendampingi.

Setelah menerima proses sambutan singkat dari pejabat negara dan pimpinan Gereja Katolik Indonesia, Paus Fransiskus menuju Nunciatura Jakarta, di kawasan Gambir untuk beristirahat. Lantaran kesederhanaannya lah, Paus selama di Jakarta menolak untuk tinggal di hotel mewah dan lebih memilih menginap di Kedubes Vatikan tersebut.

Mobil Kijang Innova Zenix SCV 1 yang dinaiki Paus Fransiskus dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Kedubes Vatikan di Jalan Merdekat Timur. Foto: Media Center Kunjungan Paus 2024

Menggunakan mobil biasa berwarna putih Paus meninggalkan Bandara Soekarno Hatta dengan pengawalan ketat. Hal ini menjadi bagian dari bentuk pengamanan yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menyambut kunjungan Paus Fransiskus yang merupakan

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan.
Pun demikian dengan pesawat yang membawa Paus Fransiskus melakukan kunjungan Apostolik ke Asia beserta rombongan merupakan pesawat komersial biasa, bukan pesawat kepresidenan.

Antusiasme warga

Suasana di depan Kedutaan Besar Vatikan di Jalan Merdeka Timur, Selasa siang (3/9/2024). Foto: Media Center Kunjungan Paus

Sementara itu, ratusan wartawan dan umat Katolik memadati jalan di seberang Kedutaan Besar Vatikan di Jalan Merdeka Timur, Selasa siang (3/9/2024). Mereka menunggu kehadiran pemimpin umat Katolik sedunia yang dijadwalkan tiba di Kedubes Vatikan sekitar pukul 12.30 WIB.

Aparat menjaga kondisi keamanan. Foto: Media Center Kunjungan Paus

Tampak polisi dan juga aparat TNI sudah berjaga-jaga di sekitar Kedubes Vatikan. Sebagian warga berdiri di seberang jalan Kedubes Vatikan. Sebagian lainnya di sisi kanan dan kiri kedutaan. Warga antusias menyambut kedatangan Sri Paus, dan siap mengabadikan dengan ponsel mereka. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments