Friday, October 18, 2024
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupDigelar 4-6 Oktober, Ini Alasan Art Jakarta 2024 Wajib Anda Kunjungi

Digelar 4-6 Oktober, Ini Alasan Art Jakarta 2024 Wajib Anda Kunjungi

Jakarta, benang.id – Art Jakarta 2024 adalah pameran seni terkemuka seni kontemporer dengan fokus yang jelas di Tenggara Asia. Digelar 4-6 Oktober 2024 di pusat dinamis kawasan, JIExpo Kemayoran, Art Jakarta membawa manfaat bersama galeri, seniman, kolektor, dan seni terkenal penggemar, menciptakan platform yang dinamis untuk artistik pertukaran dan dialog budaya.

Tahun ini, sebagai forum internasional yang menstimulasi kunci pemangku kepentingan di Asia, Pameran ini menampilkan beragam hal karya seni untuk menyoroti dunia seni yang berkembang di wilayah yang dipersembahkan oleh 73 peserta pameran.

Dilengkapi dengan program yang dirancang khusus untuk memberikan wawasan berharga tren dan isu seni terkini, Art Jakarta 2024 bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi yang lebih mendalam terhadap masa kini seni dan memperkuat seni lokal dan internasional komunitas, menjadikannya acara yang wajib dikunjungi oleh siapa pun tertarik pada seni.

Pengunjung di ruang pameran

Adapun program utama yang telah disiapkan Art Jakarta 2024 terdiri atas Presentasi Spesial dan Program Publik. Presentasi spesial meliputi Jakarta Play, AJX, dan Jakarta Spot. Sementara Program Publik menghadirkan acara Jakarta Talk, dan Tur Berpemandu.

Presentasi spesial dari Art Jakarta Partners dikolaborasi dengan beberapa yang paling kreatif dan talenta-talenta orisinal di kancah seni rupa Indonesia

Ruang VIP Julius Baer

Ruang VIP Julius Baer

Dengan tradisi lama dalam mendukung seni, Julius Baer dengan senang hati melanjutkan kemitraan kami dengan Art Jakarta sebagai perpanjangan komitmen kami untuk Asia, kami pasar dalam negeri kedua.

Tahun ini, artis ternama Sunaryo akan menghadirkan pameran khusus karya seninya, antara lain beberapa barang baru, di ruang VIP.  Dirayakan untuknya pendekatan inovatif terhadap seni kontemporer dan dedikasi untuk mendobrak batasan ekspresi artistik, Sunaryo telah menerima banyak penghargaan, termasuk Anugerah Akademi Jakarta dan Chevalier dans l’Ordre des Arts et Lettres dari Kementerian Kebudayaan Perancis.

Ruang Seni UOB

UOB Art Space

UOB Indonesia meluncurkan Painting of the Year (POY) kompetisi pada tahun 2011, memperluas seni unggulan regionalnya program. Sebagai kompetisi seni terlama di Singapura dan platform utama di Asia Tenggara, itu telah mengakui lebih dari 1.000 perusahaan mapan dan baru seniman di seluruh Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Enam artis Indonesia telah memenangkan UOB Penghargaan POY Asia Tenggara.

Tahun ini, UOB Indonesia dengan bangga memamerkan karya-karya seniman POY di lima tempat negara, mencerminkan aspirasi budaya, ide, dan warisan budaya, sambil meneruskan komitmen UOB terhadap seni dan pengembangan masyarakat.

Rajutan demi Rajutan Oleh Cinanti A. Johansjah & Rajut Kejut

Rajutan demi Rajutan

Sebuah karya seni kolaboratif yang mengeksplorasi tema keuangan manajemen melalui lensa kreatif. Dibuat oleh yang terkenal seniman Cinanti Astria Johansjah dan kolektif inovatif Rajut Kejut, presentasinya mendalami perempatan seni dan keuangan, menawarkan perspektif unik tentang pentingnya konsistensi dan perencanaan keuangan.

Pasca Tenebras Lux Dari Kegelapan Menuju Emas: Perjalanan Emas untuk Kebaikan Oleh Jiwa Emas

Pasca Tenebras Lux

Di Departemen Keuangan, emas mewakili lebih dari sekadar kekayaan—ini adalah a simbol transformasi. Melalui Emas untuk Kebaikan inisiatif, setiap gram emas digital, didukung oleh fisik emas, mengubah ketidakpastian menjadi peluang. Hati secara fisik, dibuat dari emas sebagai karya seni, mencerminkan hati digital dibentuk melalui transaksi dan investasi.  Kedua hati mencerminkan nilai nyata dan berkontribusi pada tujuan yang bermakna seperti keberlanjutan dan pendidikan. Bersama-sama, mereka bertransformasi kegelapan menjadi emas, menciptakan masa depan di mana semua orang bisa bersinar. #UntukMasa Depan yang Lebih Baik

Beruang4Cinta

Yayasan RMHC adalah bagian dari sistem global yang mencakup 62 negara, dengan misi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak dengan penyakit kronis. Melalui Rumah Singgah, pihaknya telah menghidupi ribuan keluarga dengan menjaganya mereka dekat dengan anak-anak mereka selama perawatan medis lebih dari 10 tahun di Indonesia.  Di Art Jakarta, Yayasan RMHC melibatkan kaum muda melalui kampanye ‘Bear4Love’ dan menyelenggarakan lelang diam-diam yang menampilkan karya seni yang dirayakan seniman. Hasil lelang akan digunakan untuk yang keempat Rumah Singgah di Jakarta Barat yang akan menyediakan 65 kamar untuk keluarga yang membutuhkan. Booth dirancang oleh Francis Surjaseputra.

Kotak Seni Super

Media hiburan musik dinamis terpadu, SUPERMUSIC menghadirkan “Super Art Box” yang mengajak penontonnya jelajahi karya seni Pemenang Superstar SUPERMUSIC. “Super Art Box” berkisar pada tema kebebasan, penemuan, dan mendobrak batasan, memberi semangat kepada kita untuk merangkul hal-hal yang tidak diketahui dan menantang keterbatasan kita temui. “Super Art Box” berfungsi sebagai denyut nadinya inspirasi, komunikasi, dan ekspresi bagi seniman di seluruh Indonesia.

Frigorifero d’arte (Kulkas Seni)

Pahlawan Sisilia

Melalui kolaborasinya dengan Dolce & Gabbana, Smeg akan menyajikan satu kulkas unik yang dilukis dengan tangan dari koleksi Frigorifero d’arte (Kulkas Seni). Desainnya diberi judul “Pahlawan Sisilia”. Desainnya yang unik dan kelangkaan itulah yang mengubahnya menjadi sebuah karya seni dan a barang kolektor.

Nada Telanjang dengan ini/MAINKAN

Berkolaborasi dengan ini/PLAY, Roca menjelajahi kamar mandi sebagai ruang di mana momen-momen ekspresi pribadi terungkap, seringkali dalam bentuk lagu spontan secara universal fenomena “karaoke kamar mandi”. Instalasi ini adalah dirancang dengan ide bernyanyi di kamar mandi, mengundang pengunjung untuk masuk ke realitas alternatif—seperti penutupan mata seseorang saat tenggelam dalam sebuah lagu, membangkitkan rasa ketenangan melalui imajinasi, kesadaran lingkungan, dan harmoni. Mari kita rayakan tindakan menyanyi yang membebaskan di kamar mandi—karena bernyanyi itu membebaskan.

Daging Dataoleh Eldwin Pradipta

Infrastruktur telekomunikasi utama di Indonesia dan Penyedia layanan internet B2B, iForte, berkolaborasi dengan artis Eldwin Pradipta untuk membuat “DataFlesh”, sebuah interaktif dua sisi proyeksi pada bahan semi transparan yang bereaksi secara visual untuk pergerakan penonton dari kedua sisi.  Memasukkan data dari jaringan telekomunikasi iForte yang luas dan sumber hulu, “DataFlesh” menggabungkan ini dengan audiens interaksi untuk menghasilkan visual dinamis yang mencerminkan elemen dari seluruh nusantara, menciptakan keunikan perpaduan teknologi dan seni kontemporer yang menonjol keterhubungan budaya dan infrastruktur digital.

Dalam Kolaborasi Veritasoleh indieguerillas

Dalam Kolaborasi Veritas

Duo artis indieguerillas menerima tantangan bermain dengan huruf T, A, C, dan O menggunakan bahan dari TACO, penyedia solusi interior terkemuka di Indonesia. Berjudul “In Collaboratio Veritas”, instalasi ini mewakili kekuatan persatuan dan nikmatnya kolaborasi.

Kebajikan Tanpa Noda oleh HONF

Bekerja sama dengan HONF Yogyakarta, Blue Label menyajikan “Kebajikan Tanpa Noda,” yang memadukan nilai-nilai tradisional dengan inovasi masa kini. Kemitraan ini menggabungkan minuman beralkohol premium dengan seni etis, menginspirasi global khalayak melalui keunggulan, keterlibatan budaya, dan a apresiasi yang mendalam terhadap seni dan tradisi.

Ketok Mejikoleh Erwin Windu Pranata

Mencerminkan semangat Next Gen MINI, inventif artis Erwin Windu Pranata bertujuan untuk menghadirkan kembali kesenangan dan kemeriahan melalui kumpulan seni “Ketok Mejik”, yang menggabungkan MINI Cooper serba listrik baru. Oleh menggunakan benda sehari-hari yang berwarna-warni dan dapat digunakan kembali, karya seni selaras dengan nilai keberlanjutan sambil menekankan kegembiraan yang melekat pada karakter MINI

Pelantang 20-20.000 Hertz oleh Uji “Hahan” Handoko & Sistem Esa

Grup perhotelan, Artotel Group, berkolaborasi dengan seniman terkenal Uji “Hahan” Handoko untuk menafsirkan kembali istilah “rockstar”, tingkatan baru dari hadiah Artotel Wanderlust program, melalui instalasi “Pelantang 20-20.000 Hertz”. Sebuah metafora untuk menggambarkan kinerja yang luar biasa, keterampilan, atau perilaku dalam bidang tertentu, yang berfungsi sebagai suatu bentuk penghargaan terhadap yang kasat mata maupun tak kasat mata kontribusi para pekerja kreatif di dunia seni.

Hidrogrid, Hidrasioleh Palet Studio

Kolaborasi antara Stanley dan Vinilon di Art Jakarta 2024 menampilkan “Hidrogrid, Hidrasi” oleh Palette Studio, sebuah instalasi dihadirkan secara elastis namun kokoh struktur, dan terintegrasi baik sebagai area tempat duduk dan a tempat dimana pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas air isi ulang, menawarkan kenyamanan setelah seharian menjelajahi Pameran.

Dimainkan oleh UOB Indonesia

play by UOB Indonesia

Ruang yang dirancang untuk memupuk kreativitas anak di bawah bimbingan Ni Nyoman Sani tahun 2023 Pemenang Lukisan UOB Tahun Ini. Play by tahun ini UOB Indonesia yang bertajuk “Kita Semua Cantik” menawarkan lingkungan interaktif dan dinamis tempat anak-anak dapat terlibat dengan seni dengan cara yang menyenangkan dan imajinatif menggunakan bahan daur ulang.

Inisiatif kolaborasi antara Art Jakarta dan institusi serta perusahaan swasta untuk hadir koleksi mereka di Pameran kepada khalayak yang lebih luas.

Seri Lukisan Putiholeh Eugene Kangawa / EUGENE STUDIO

Proyek interaktif ini mengundang orang untuk berciuman kanvas, dengan lebih dari 600 ciuman dikumpulkan secara global. Setiap bagian menyoroti nama-nama peserta, melambangkan solidaritas berbasis komunitas yang berbeda dengan perpecahan global.

N-CAS (ISI Denpasar)

Nata-Citta Art Space (N-CAS) di Institut Seni, Denpasar, menghadirkan karya-karya pilihan anak muda yang dikurasi dosen-seniman. Mengangkat tema “Kalwa-Manawa-Kalpa” (Waktu-Manusia-Istilah), presentasi khusus ini mencerminkan sifat manusia dalam menghadapi waktu

Jakarta Spot: Sebuah platform untuk presentasi seni khusus instalasi yang telah dirancang khusus untuk Pameran. Tahun ini Art Jakarta Spot menghadirkan empat karya seni yang dikurasi, dipamerkan di area publik di dalamnya tempat pekan raya.

4 Karya di Jakarta Spot

Jakarta Talk: Sebuah platform untuk dialog antara para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan penonton.

Program Publik: Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menemukan wawasan dan wacanadunia seni dengan cara yang menarik. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments