Monday, April 21, 2025
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupDukung Seniman Berkarya, MR.D.I.Y. Indonesia Gelar “Art Competition 2025” Berhadiah Total Rp280...

Dukung Seniman Berkarya, MR.D.I.Y. Indonesia Gelar “Art Competition 2025” Berhadiah Total Rp280 Juta

Jakarta, benang.id – PT Daya Intiguna Yasa Tbk (MDIY atau Perseroan atau MR.D.I.Y. Indonesia), pemimpin ritel peralatan rumah tangga terbesar di Indonesia kian membuktikan komitmen dan peranannya untuk turut memberdayakan masyarakat untuk tumbuh bersama. Kali ini, MR.D.I.Y. Indonesia berkolaborasi bersama IndoArtNow sebagai organisasi spesialis ahli seni dan kreatif menggelar MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025.

Saya mewakili manajemen Mr. D.I.Y Indonesia, dengan bangga mengumumkan hari ini secara resmi mmembuka MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025.,” ujar Michael Cohen, Head of Commercial MR.D.I.Y. Indonesia pada Konferensi Pers bertajuk “Fasilitasi Seniman Berkarya untuk Inspirasi Anak Bangsa” di MR. D.I.Y Flagship Store di Lotte Mall, Kuningan, Jakarta, Rabu (16/4/2025).

Hadir juga untuk menjelaskan MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025 adalah Abigail Hakim dan RE Hartanto, kedunya Juri MR.D.I.Y. Art Competition 2025, serta Ria Sutrisno– Head of Marketing MR.D.I.Y. Indonesia.

Ia mengatakan bahwa MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025 digelar bekerja sama dengan organisasi yang ahli di bidang seni dan kreatif yakni IndoArtNow. “Kompetisi ini gratis dan terbuka untuk umum, khususnya bagi para seniman dan calon seniman yang mempunyai karya terbaiknya bisa mengikuti,” jelasnya.

Michael Cohen, Head of Commercial MR.D.I.Y. Indonesia, secara resmi memulai kompetisi MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025 berkolaborasi bersama IndoArtNow. Foto: benang.id/Gora Kunjana

Mengusung tema “Identity & Diversity”, kompetisi seni ini merupakan kelanjutan dari program MR.D.I.Y. Untuk Indonesia yang berkomitmen untuk menciptakan dampak sosial positif. Salah satunya dengan memberikan dukungan penuh terhadap seni, budaya, dan pemberdayaan masyarakat.

Tidak dimulai saat ini saja, komitmen MR.D.I.Y. Indonesia untuk mendukung pertumbuhan industri seni dan kreatif juga telah tercermin dari beberapa inisiatif di tahun 2024 lalu seperti keterlibatan Perseroan dalam Jakarta Doodle Fest 2024 untuk menyelenggarakan Art School Roadshow di tiga kota besar dan berkolaborasi dengan seniman Wulang Sunu dalam instalasi seni yang mengangkat kearifan lokal pada peresmian Flagship MR.D.I.Y. Indonesia.

Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia, mengatakan, pihaknya percaya bahwa pertumbuhan Perseroan yang baik, tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis. Melainkan, kemampuan menciptakan pertumbuhan yang nyata di kalangan masyarakat.

Melalui program MR.D.I.Y. Untuk Indonesia merupakan upaya kami untuk lebih dekat dan tumbuh bersama masyarakat. Salah satu wujud nyata program ini adalah MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025. Sebagai penyedia produk peralatan rumah tangga yang lengkap, kami turut menyediakan ragam produk yang dapat mendukung seniman berkarya dengan harga yang hemat,” tuturnya.

MR. D.I.Y Flagship Store di Lotte Mall, Kuningan, Jakarta. Foto: benang.id/Gora Kunjana

Melanjutkan dukungan, Edwin menambahkan, kompetisi ini hadir sebagai wadah bagi seniman dan para calon seniman untuk berkarya dan berkesempatan lebih dikenal oleh masyarakat. “Kami berharap Art Competition 2025 persembahan dari MR.D.I.Y. Indonesia ini mampu memberikan semangat kepada para seniman untuk terus berkarya dan menjadi inspirasi bagi anak bangsa lainnya.” imbuh Edwin.

Tema “Identity & Diversity” hadir sebagai respons untuk mengapresiasi lintas budaya dan menampilkan keindahan yang lebih beragam serta inklusif. Melalui seni, para seniman diajak untuk merefleksikan identitas, menggali budaya, dan merespons dunia modern dengan cara yang kritis dan kreatif. Seni dapat menjadi ruang dialog yang inklusif dan mampu menjembatani perbedaan serta merayakan kekayaan perspektif.

Tom Tandio, Pendiri IndoArtNow mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki visi dan misi yang sama dengan MR.D.I.Y. Indonesia hingga berkolaborasi menghadirkan kompetisi bergengsi ini. “Sebagai penggiat seni, kami mengapresiasi langkah MR.D.I.Y. Indonesia yang menunjukkan dukungan nyatanya kepada seniman di Indonesia. Kami berharap dengan adanya kompetisi ini dapat menjadi pendorong bagi seniman untuk eksplorasi seni mereka dengan keberagaman Indonesia,” katanya.

Tom Tandio, Pendiri IndoArtNow (kiri) foto bersama juri dan host usai Konferensi Pers Fasilitasi Seniman Berkarya untuk Inspirasi Anak Bangsa, Rabu (16/4/2025). Foto: benang.id/Gora Kunjana

Dengan total hadiah Rp280.000.000, kompetisi ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia dan dibagi menjadi dua kategori dengan hadiah tiga pemenang di masing-masing kategori, yaitu:

  • Kategori Pelajar & Mahasiswa:

    • Grand Prize: Rp30.000.000

    • Judges’ Award: Rp25.000.000

    • President Director’s Award: Rp20.000.000

  • Kategori Umum:

    • Grand Prize: Rp100.000.000

    • Judges’ Award: Rp70.000.000

    • President Director’s Award: Rp35.000.000

Kriteria penilaian karya meliputi ide, kreativitas, komposisi, dan teknik. Para panel juri dalam kompetisi ini merupakan kalangan profesional seni rupa yaitu RE Hartanto, Mitha Budhyarto, Abigail Hakim, dan Edwin Cheah selaku Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia.

RE Hartanto– Juri MR.D.I.Y. Art Competition 2025 (kiri) memberikan penjelasan pada Konferensi Pers Fasilitasi Seniman Berkarya untuk Inspirasi Anak Bangsa, Rabu (16/4/2025). Foto: benang.id/Gora Kunjana

RE Hartanto, Pelukis serta Juri MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025, menuturkan, sebagai seseorang yang telah berkiprah di dunia seni dan kreatif selama 27 tahun, terlibat dalam MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025 menjadi kesempatan baginya untuk dapat mengenal dan mengetahui seniman di Indonesia.

Saya sangat senang dan mengapresiasi inisiatif dari MR.D.I.Y. Indonesia dan IndoArtNow untuk seniman. Pasalnya, setiap karya yang masuk adalah potret dari semangat kreatif anak bangsa. Kompetisi ini bukan hanya tentang menang atau kalah, tetapi tentang bagaimana seniman mampu menyuarakan gagasan, identitas, dan keberagaman dengan visual yang kuat,” jelasnya.

Kepada calon para peserta kompetisi, Hartanto berpesan agar serius menciptakan karya seni yang akan disertakan dalam lomba. “Dalam kompetisi selalu ada orang yang mengaku iseng-iseng ikut siapa tahu menang. Kesempatan untuk memang selalu ada, tapi pemenang topnya itu gak pernah ada yang iseng-iseng. Saya sering mengamati, yang top juara itu selalu yang bukan iseng-iseng. Mereka adalah orang yang serius, fokus 3-6 bulan sebelumnya terus memikirkan karyanya, pagi-siang-malam. Jadi pesan saya kepada para peserta iseng-iseng silakan, tapi kalau mau jadi juara please serius,” tandasnya.

Pada akhir periode kompetisi, seluruh peserta akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya pada pameran MR.D.I.Y. Indonesia Art Competition 2025. Pemenang dari kompetisi ini akan dikirim oleh MR.D.I.Y. Indonesia untuk berkompetisi kembali secara regional dan berkesempatan untuk bersaing dengan para seniman dari Thailand dan Malaysia.

MR.D.I.Y dan IndoArtNow

(ki-ka): Frida Marpaung– Chief People Officer MR.D.I.Y. Indonesia, Mitha Budhyarto– Juri MR.D.I.Y. Art Competition 2025, Michael Cohen –Head of Commercial MR.D.I.Y. Indonesia, Abigail Hakim– Juri MR.D.I.Y. Art Competition 2025, Ria Sutrisno– Head of Marketing MR.D.I.Y. Indonesia, dan RE Hartanto– Juri MR.D.I.Y. Art Competition 2025 pada Konferensi Pers Fasilitasi Seniman Berkarya untuk Inspirasi Anak Bangsa (16/4/2025). Foto: benang.id/Gora Kunjana

MR.D.I.Y. merupakan perusahaan ritel terbesar di Asia Tenggara untuk perlengkapan kebutuhan rumah tangga dengan lebih dari 4.000 toko di Asia dan Eropa termasuk Malaysia, Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, Filipina, Kamboja, Vietnam, India, Turki dan Spanyol. MR.D.I.Y. berdedikasi untuk menghadirkan dampak positif bagi pelanggan dengan menawarkan pengalaman belanja nyaman pada semua toko, di seluruh negeri.

Seluruh toko MR.D.I.Y. dikelola langsung oleh perusahaan dan berkolaborasi dengan pemilik mall serta pemilik properti lainnya. Toko-toko MR.D.I.Y. menawarkan varian produk sekitar 18.000 jenis produk yang terbagi dalam 10 kategori besar, yaitu peralatan dan perabotan rumah tangga, peralatan listrik, alat tulis dan olahraga, perkakas; dan kategori pelengkap lainnya seperti mainan anak, aksesoris mobil, perhiasan dan kosmetik.

Sedangkan IndoArtNow merupakan sebuah platform dokumentasi, arsip, dan informasi seni rupa kontemporer Indonesia yang kini berkembang menjadi mitra kolaboratif dalam berbagai proyek seni. Dengan jejaring yang luas dan pemahaman mendalam terhadap lanskap seni Indonesia, IndoArtNow terus mendukung seniman, kurator, dan pelaku seni untuk berkembang dan berjejaring secara global. (*/GK)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments