Antisipasi Lonjakan Kasus saat Lebaran, DPRD DIY Minta Kapasitas Ruang Perawatan Pasien Corona Ditambah

0
Suasana ruang isolasi. (Foto: REUTERS)

YOGYAKARTA, Benang.id – Dari 300 bed yang disediakan 27 rumah sakit rujukan COVID-19, lebih dari 200 di antaranya telah diisi untuk merawat pasien COVID-19. Untuk itu, DPRD DIY menilai perlu ada penambahan bed untuk merawat pasien COVID-19 di Yogyakarta. Menurutnya hal ini sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus di masa Lebaran.

“Jangan sampai ketika kejadian kita tidak siap, sehingga kondisi semakin memburuk dan pasien tidak tertangani,” kata Wakil DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, Jumat (22/5/2020).

Pihaknya mengkhawatirkan terjadi penularan di tengah suasana Idulfitri nanti. Pasalnya, belum ada kejelasan terkait kebijakan soal pelaksanaan salat id. Belum lagi para pemudik masih masuk ke Yogyakarta.

“Saat ini masyarakat masih menafsirkan beragam sesuai kondisi masing-masing. Ini perlu diperhatikan jangan sampai masjid jadi faktor peningkatan pasien COVID-19 di DIY,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa perlu ada insentif dari pemerintah terhadap rumah sakit dan para tenaga medis. Misalnya seperti keringanan untuk beban listrik, air dan lain sebagainya.

“Di samping penyediaan APD serta insentif yang pantas untuk rekan-rekan tenaga kesehatan,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here