Home Berita Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh Diujicobakan Pemkot Yogyakarta

Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh Diujicobakan Pemkot Yogyakarta

0
Ilustrasi belajar dari rumah. (foto: Shutterstock)

YOGYAKARTA, Benang.id – Hari ini, Senin (13/7/2020) menjadi hari pertama dalam tahun ajarab baru 2020/2021 di Yogyakarta. Sekolah-sekolah menerapkan pola pembelajaran jarak jauh akibat pandemi virus corona. Meskipun ada yang meminta siswa untuk hadir di sekolah, protokol pencegahan COVID-19 tetap dilaksanakan.

Pemerintah Kota Yogyakarta menyatakan memasuki tahun ajaran baru ini peserta didik khususnya di sekolah negeri, akan mulai difasilitasi dengan aplikasi pembelajaran jarak jauh melalui platform berbasis aplikasi android yang memungkinkan interaksi tiga pihak yakni guru, siswa dan wali murid. Penerapan aplikasi bernama Unison yang dikembangkan pihak ketiga ini mengambil ujicoba pertama di SMP Negeri 4 Kota Yogyakarta.

“Penerapan aplikasi pembelajaran jarak jauh itu untuk proses uji coba di SMPN 4 Yogyakarta sebagai pilot projectnya, lalu kami evaluasi apakah memungkinkan diterapkan ke sekolah lain,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Budi Asrori, Senin (13/7/2020).

Budi menambahkan dalam proses pembelajaran daring di tahun ajaran baru ini, Pemerintah Kota Yogya tidak ingin membebani wali murid seperti pembelian buku baru. Sehingga pemerintah Kota Yogya kini menyediakan wifi gratis di tiap ruang terbuka hijau baik di tingkat kelurahan, kecamatan dan tempat-tempat yang bisa diakses masyarakat.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, menuturkan platform pendukung pembelajaran daring ini dikerjasamakan secara cuma-cuma karena background pengguna internet di Kota Yogyakarta tinggi.

“Aplikasi ini menyediakan platform saja, sementara konten bisa dari masing masing sekolah. Artinya setiap sekolah kontennya bisa berbeda, karena setiap guru dan sekolah berbeda sehingga metode beda meski silabus sama. Dengan aplikasi ini guru bisa lebih familiar,” kata Haryadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here