Bandara di Yogyakarta Lakukan Pembersihan dengan Desinfektan Cegah Penyebaran Virus Corona

0
Petugas sedang menyemprotkan cairan desinfektan di Terminal B Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (13/3/2020). (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, Benang.id – Mengantisipasi potensi penyebaran pandemi Novel Coronavirus (COVID-19), PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melakukan kegiatan pembersihan dan disinfeksi terhadap bangunan terminal serta fasilitas di area bandara.

“Bandara sebagai salah satu pintu utama pergerakan orang dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Sehingga ini menjadi salah satu fokus kami saat ini untuk memastikan kebersihan di area bandara, untuk mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19 serta menjaga kenyamanan pengguna jasa bandara dan seluruh personil yang bertugas,“ jelas Agus Pandu Purnama, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (13/3/2020).

PT Angkasa Pura I (Persero) bersama dengan Otoritas Bandara Wilayah III dan seluruh Komunitas Bandara Internasional Adisutjipto (TNI AU, Dinas Perhubungan DIY, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Kantor Karantina Pertanian, Kantor Karantina Ikan, seluruh Maskapai dan Ground Handling) melibatkan lebih kurang 70 orang personil untuk melakukan kegiatan pembersihan dan disinfeksi di area Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Upaya antisipasi penyebaran virus korona di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta telah dilakukan sejak penyebaran COVID-19 terjadi pada akhir tahun 2019. Selain memastikan kesiapan seluruh personil dari instansi terkait, PT Angkasa Pura I (Persero) juga telah menggelar Posko Waspada 2019nCov bersama instansi pariwisata dan KKP pada 31 Januari 2020.

“Pada beberapa area di terminal juga telah disediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, dengan tujuan untuk menerapkan pola hidup bersih bagi pengguna jasa bandara dan personil yang bertugas dalam mengantisipasi potensi penyebaran virus serta bibit penyakit lain,” ujarnya.

Secara rutin, PT Angkasa Pura I (Persero) terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang yang datang dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di Terminal Kedatangan Internasional dan Domestik sebagai langkah untuk mendeteksi kondisi kesehatan penumpang yang baru saja tiba. Tidak hanya pemeriksaan, KKP juga telah memberlakukan Health Alert Card sebagai acuan alur perjalanan dan riwayat kondisi kesehatan terakhir yang dialami oleh setiap penumpang.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga seluruh area aman. Bersama dengan seluruh komunitas bandar udara, kami telah menerapkan upaya terbaik dalam memitigasi potensi penyebaran Virus Corona di area bandara,” tegas Pandu Purnama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here