Home Berita Bupati Temanggung Minta PT Djarum Beli Tembakau Petani dengan Harga Sesuai Kualitas

Bupati Temanggung Minta PT Djarum Beli Tembakau Petani dengan Harga Sesuai Kualitas

0
Petani tembakau di Pamekasan, Jawa Timur. (Foto: Antara)

JAWA TENGAH, Benang.id – Meski masih masa pandemi COVID-19, PT Djarum diminta untuk tetap membeli tembakau petani di Temanggung pada masa panen raya 2020 nanti. Pembelian tentu dengan harga yang sesuai dengan kualitas dari tembakau yang ada. Hal ini bertujuan untuk membantu perekonomian warga.

“Saya mengajak pelaku industri khususnya PT Djarum untuk bersama-sama menjaga hubungan baik dengan masyarakat yang sebenarnya sudah berlangsung sejak puluhan tahun lampau. Jangan sampai gara-gara Covid-19 hubungannya menjadi rusak agar Temanggung tetap tentram dan aman. Soal harga tembakau kita mohon harga tetap bagus sesuai dengan kualitas kita yang memang bagus,” kata Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq.

Karena saat ini masih masa pandemi, meski di Temanggung sudah ada kelonggaran namun, soal mekanisme pembelian dia menyarankan agar diatur agar aman dari COVID-19, tapi juga jangan sampai mengganggu keseimbangan supply and demand (penawaran dan permintaan). Sebab kalau penyerapannya lambat, mengantre, maka yang terjadi pasti harga di tingkat petani jadi turun.

Senior Manager PT Djarum, Iskandar menuturkan, karena keadaan saat ini semua pihak harus bisa saling memahami. Dikatakan, sejak tahun 2009 hingga 2014 industri itu tumbuh dari 298 miliar menjadi 352 miliar, setelah 2014 gerakkannya menurun, dan kembali meningkat tahun 2019 menjadi 300-an miliar.

Namun diakuinya saat ini penurunan itu sebelum ada Covid sudah ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152/PMK.010/2019, Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/217 Tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Saat ini penggunaan tembakau di Indonesia sudah mengerucut, untuk kretek hanya tinggal Temanggung, Madura, dan Lombok.

“Rencana pembelian 4.000 ton, tapi dalam praktiknya bisa lebih dari itu. Untuk harga tergantung pasar, maka disampaikan kemurnian dan keaslian tembakau Temanggung dijaga, karena rokok semakin sedikit berarti orang membeli akan lebih berhati-hati,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here