Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Akan Dibuka Kembali Awal Juni

0
Candi Prambanan. (Foto: Instagram/@myearthproject)

YOGYAKARTA, Benang.id – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko berencana akan membuka candi-candi yang mereka kelola awal Juni 2020 mendatang. Namun demikian, mereka kembali memperpanjang masa penutupan candi-candi tersebut untuk wisatawan.

Sekretaris Perusahaan PT TWC, Emilia Eni Utary mengatakan dengan memperhatikan ketentuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penetapan masa tanggap darurat bencana Covid-19 hingga tanggal 29 Mei 2020, maka dengan ini PT TWC kembali melanjutkan penutupan sementara operasional Taman Wisata Candi (TWC) dari tanggal 14 Mei sampai 29 Mei 2020.

“Perpanjangan ini dalam upaya pencegahan COVID-19,” ujarnya.

Menurutnya, perpanjangan penutupan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masih belum kondusif. Selama masa jeda tersebut, PT TWC sedang mempersiapkan perubahan standar dan protokol baru menuju “The New Normal Pariwisata” di dalam kawasan Taman Wisata Candi.

Protokol yang disiapkan tersebut tetap mengutamakan kebersihan dan kesehatan lingkungan yang bebas dan aman dari COVID-19. Sehingga dapat memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung di Taman Wisata Candi ketika dibuka kembali.

“Kita berharap wabah ini segera berlalu,” harapnya.

Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono mengungkapkan, tiga kawasan Candi masing-masing Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ditutup sejak 20 Maret 2020 lalu. Pihaknya terus melakukan evaluasi dengan menyiapkan protokol kesehatan untuk diterapkan ketika nanti dibuka kembali.

“Setelah kita evaluasi, kami berencana membuka kembali awal Juni,” terangngya.

Di dalam kawasan candi nantinya akan ada bilik desinfektan yang akan dilalui wisatawan, pengecekan suhu tubuh dan penempelan stiker dengan warna berbeda yaitu merah, Kuning dan hijau. Untuk hijau akan diberikan kepada wisatawan dengan suhu dibawah 30 derajat Celcius, untuk kuning dengan suhu tubuh 37,5 hingga 37,8 derajat Celcius.

“Untuk merah bersuhu di atas 38 derajat celcius” paparnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here