Di Temanggung, Pengunjung yang Tidak Kenakan Masker Dilarang Masuk Pasar

0
Sosialisasi penggunaan masker di pasar tradisional. (Foto: KTJ)

JAWA TENGAH, Benang.id – Hingga kini, kasus positif COVID-19 di Temanggung masih terus meningkat. Berbagai langkah dilakukan untuk menekan angka ini. Salah satunya adalah dengan mewajibkan masyarakat mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Kali ini, Pemerintah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tidak memperbolehkan pengunjung yang tidak memakai masker untuk masuk ke dalam pasar. Hal itu berlaku bagi pengunjung maupun pedagang di 30 pasar tradisional yang ada di Kabupaten Temanggung, meliputi pasar di pusat kabupaten, kecamatan, hingga pasar desa.

Masyarakat sebelumnya telah mendapatkan sosialisasi lebih dulu. Peraturan ini tak hanya berlaku bagi pengunjung saja, tetapi juga bagi pedagang.

“Hari ini sosialisasi di seluruh pasar di Kabupaten Temanggung dan dibagi menjadi beberapa tim selama empat hari ke depan. Setelah ini mulai hari Jumat tanggal 15 Mei 2020, kita lakukan penegakkan.  Jadi semua orang yang tidak pakai masker, tidak boleh masuk pasar. Kemudian di sini akan kita dirikan semacam posko untuk edukasi yang tidak pakai masker dan kita sediakan masker juga,” kata Koordinator Operasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan COVID-19 Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo, Senin (11/5/2020).

Tak hanya di pasar, sejumlah tempat umum seperti Alun-alun, Taman Pengayoman, Plasa, juga dilakukan sosialiasi untuk memberikan pemahaman pada masyarakat terkait pentingnya menggunakan masker. Pihaknya berharap masyarakat bisa memahami karena hal ini ditempuh sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran corona.

Bagi yang ketahuan tidak mengenakan masker nanti akan diminta ke pos untuk diedukasi dan juga diberikan masker.

“Tapi kami lihat perkembangannya memakai masker di pasar di Temanggung semakin baik sudah luar biasa kesadarannya dan saya berani mengklaim sudah 95 persen pakai masker,”katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here