Jakarta, benang.id – Perusahaan startup insurance technology (Insurtech) terkemuka dan populer asal Thailand, Roojai, kini hadir di Indonesia dan memperkenalkan produk asuransi terbarunya, yaitu asuransi Penyakit Kritis.
Mudah dibeli dan dikostumisasi secara online melalui www.roojai.co.id, pelanggan dapat memilih paket asuransi untuk penyakit kritis serta menambahkan perlindungan tambahan sesuai dengan anggaran yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan biaya medis serta gaya hidup.
Di Indonesia sendiri, rasio out-of-pocket (biaya pengobatan di luar coverage asuransi yang harus ditanggung sendiri) cukup signifikan – lebih dari 30% – dan hal ini terlepas dari keberhasilan peluncuran asuransi Badan Penyedia Jaminan Sosial (BPJS).
Sebagai perbandingan, Thailand – yang juga menjalankan sistem perawatan sosial universal – mengalami rasio out-of-pocket sebesar 12%. Kurangnya cakupan asuransi, jelas dipertaruhkan mengingat industri yang semakin matang dan mengejar negara tetangga di ASEAN (2% penetrasi asuransi di Indonesia vs 6% di Thailand, 5% di Malaysia dan 3% di Filipina).
CEO of Roojai Indonesia, Mathieu Guiraud mengatakan, penyakit kritis merupakan kondisi serius yang membutuhkan biaya besar, sehingga nasabah seringkali mengeluarkan biaya sendiri. Hal ini seringkali menyebabkan penurunan kemampuan pengidapnya dalam bekerja secara profesional.
“Oleh karena itu, kami percaya bahwa asuransi penyakit kritis dapat menjadi langkah awal untuk memberikan perlindungan dari skenario yang tidak diinginkan dengan harga yang terjangkau,” ujar Mathieu Guiraud, dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (7/6/2022).
Menurut dia, pendekatan yang Roojai lakukan adalah menawarkan modular cover yang mudah dipahami (proteksi yang sesuai dengan kebutuhan) di mana nasabah akan diberi santunan tunai yang dapat digunakan sesuai kebutuhan (seperti membayar tagihan medis atau menggantikan pemasukan yang hilang selama masa pemulihan).
“Visi kami adalah mendampingi masyarakat Indonesia selangkah demi selangkah menuju situasi keuangan yang lebih aman,” tutur dia.
Melalui asuransi Penyakit Kritis Roojai, nasabah dapat mengajukan klaim meskipun biaya rumah sakit sudah ditanggung oleh asuransi lain atau BPJS (double claim).
Terlebih, proteksi untuk kanker telah dirancang khusus untuk meminimalisasi risiko yang dikecualikan, memberikan nasabah polis yang praktis dan mudah dimengerti; hal ini juga cukup membantu dalam mencegah hal hal yang tidak diinginkan terjadi dalam proses klaim.
Sebagai penyedia layanan digital, Roojai memberikan fasilitas bagi pemegang polis berupa kemudahan dalam mengelola polis mereka selama 24/7 secara online di platform Roojai.
Saat ini, faslitas yang tersedia di platform kami adalah kemudahan dalam mengakses detail polis, mencari rumah sakit rekanan Roojai, E-Card untuk klaim asuransi secara cashless di fasilitas medis, serta ke depannya kami akan menyediakan fasilitas klaim asuransi secara online.
Berkomitmen memberikan layanan terjangkau, harga yang ditawarkan asuransi Critical Illness sangat kompetitif, mulai dari Rp4.500/bulan untuk asuransi penyakit jantung bagi wanita berusia 30 tahun.
Keunikan utama dari fitur Roojai adalah modularitas pertanggungan asuransi yang ditawarkan. Nasabah bisa memilih salah satu atau semua penyakit yang ditanggung, seperti: Kanker penyakit jantung, penyakit saraf, kegagalan ginjal, penyakit akibat nyamuk, atau bahkan semuanya.
Nasabah juga bebas memilih pertanggungan yang sesuai hanya dengan beberapa klik. Keunikan lainnya, dengan adanya sistem penawaran secara online, nasabah tidak perlu memberikan detil pribadi apapun, sehingga nasabah dapat bebas memilih pertanggungan dengan mudah dengan nyaman.
Keunggulan menarik lainnya terletak pada proses klaim cashless untuk penyakit yang ditularkan nyamuk. Roojai menyediakan akses di hampir 2.000 rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia dan dapat membayar tagihan medis secara langsung tanpa perlu membayarnya terlebih dahulu.
Lebih jauh Mathieu menguraikan bahwa berasal dari bahasa Thailand ‘Roojai’ yang berarti ‘Memahami Sepenuh Hati, perusahaan ini didirikan oleh para senior di industri asuransi yang berkomitmen membuat perbedaan dalam customer experience.
“Kami berkomitmen mengatasi masalah yang sering beredar terkait kurangnya transparansi, aksesibilitas, dan keandalan dari asuransi tradisional. Untuk memenuhi visi kami, Roojai didukung oleh sistem Teknologi dan Informasi (TI) internal yang kuat – seluruh pengoperasian dari awal hingga akhir berjalan dalam satu platform yang hanya dapat diakses dan dimiliki oleh Roojai – guna memberikan jenis asuransi yang berbeda. Kami yakin, Roojai akan memberikan inovasi baru bagi para pengguna asuransi” tutup Mathieu.
Selain asuransi Penyakit Kritis, Roojai sebelumnya telah meluncurkan Hospital Cash Plan (pertanggungan rawat inap) dan asuransi Kecelakaan Diri pada April lalu, semuanya diasuransikan oleh Sompo Insurance. Semua produk yang ditawarkan Roojai dapat di kostumisasi sesuai kebutuhan dan budget nasabah. Membeli asuransi di Roojai sangat mudah: nasabah dapat memberikan detil kontak hanya jika mereka ingin dihubungi. Terlebih, semua dapat diakses dalam beberapa klik di www.roojai.co.id. Di masa mendatang, Roojai akan terus berinovasi serta bekerja sama dengan asuransi lokal maupun internasional dalam menyediakan asuransi kesehatan, serta proteksi untuk mobil/motor.