Jakarta, benang.id – Setelah melaksanakan pembinaan dan kompetisi pada September lalu, program Jagoan Pariwisata 2023 telah mencapai puncaknya. Kegiatan ini ditandai dengan pengumuman serta penganugerahan kepada para pemenang pada 15 November 2023.
Pada pelaksanaannya yang menginjak tahun kedua ini, seri program Jagoan Pariwisata merupakan hasil kolaborasi yang dikemas dalam bentuk lokakarya edukatif antara tiket.com dan Kemenparekraf, serta ditujukan bagi para pelaku desa wisata yang berada di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (Jadesta).
Kegiatan ini berhasil melibatkan 46 unit bisnis dari pelaku desa wisata termasuk Desa Wisata Undisan di Bangli (Bali), Desa Wisata Sudaji di Buleleng (Bali), Desa Wisata Semen di Blitar (Jawa Timur), Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), dan Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah).
Mengangkat tema “Empowering Local Champion for Sustainable Growth”, tiket.com mengajak pelaku usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar dapat menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainable). Berangkat dari hal tersebut, tiket.com mengadakan kegiatan pendampingan dan mentoring bagi para pelaku usaha wisata yang tergabung dalam Jadesta.
Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com mengatakan, program Jagoan Pariwisata adalah sesuatu yang luar biasa dan dapat menjadi program yang berkelanjutan.
“Kami percaya kegiatan ini akan memberikan kontribusi tidak hanya bagi para peserta namun juga pada industri pariwisata di Indonesia. Selain itu di tahun ini, kami mengapresiasi peran aktif 43 t-fams (karyawan tiket.com) yang bersemangat untuk turun langsung memberikan pelatihan kepada para peserta. Keinginan teman-teman tiket.com untuk membangun pariwisata dan Desa Wisata sangat tinggi, maka dari itu saya ingin memberikan apresiasi kepada mentor dan juga teman-teman tiket.com untuk terus berusaha mengembangkan pariwisata di Indonesia,” ujar Dudi.
Selain mendapatkan sesi mentoring, para peserta juga menjalani serangkaian tahapan yang sudah disusun oleh tiket.com, termasuk business pitch competition, penjurian, dan final consideration. Rangkaian kegiatan Jagoan Pariwisata 2023 ini pun akhirnya menghasilkan empat pemenang dari berbagai kategori.
Pada kategori Best Homestay dimenangkan oleh Mandhasativa, yang berlokasi di Desa Sudaji, Buleleng, Bali. Kategori Best Digital Creative disabet oleh Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sementara itu, Kategori Best Tourist Attraction diraih oleh Kampung Semai yang terletak di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur. Terakhir, Kategori Best BeTiDeWi berhasil diperoleh TPST Saling Peduli yang berada di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat.
Melalui kesempatan ini, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, bahwa pihaknya akan terus berinovasi untuk menciptakan gagasan-gagasan baru.
Menurut dia, tiket.com sebagai sebuah platform OTA juga telah menjadi jawaban bagi perilaku gaya hidup digital para konsumen yang meningkat lebih pesat pasca pandemi. Program Jagoan Pariwisata merupakan program yang sangat dekat, kolaboratif dan inspiratif untuk mendorong pertumbuhan Indonesia.
“Jagoan Pariwisata juga merupakan salah satu kolaborasi yang kami apresiasi dengan baik karena dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang siap digital atau Go Digital. Semoga penghargaan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan beragam inovasi untuk pariwisata Indonesia,” ujarnya.
Sebagai pionir online travel agent (OTA) di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2011, tiket.com kerap meluncurkan beragam inisiatif yang dibuat dengan tujuan menjaga keberlangsungan ekosistem pariwisata di Indonesia. tiket.com percaya bahwa ekosistem pariwisata yang baik akan memberikan pengalaman wisata yang mengesankan bagi para wisatawan asing maupun domestik. Melalui program Jagoan Pariwisata, diharapkan pariwisata Indonesia dapat bangkit kembali serta keberlangsungan sektor ekonomi kreatif dan para UMKM agar dapat tetap terjaga.
Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Kemenparekraf, atas keberlanjutan support yang sangat luar biasa.
“Kami membuat program ini dengan tujuan untuk mengembangkan kapabilitas dan potensi dari teman-teman yang ada di lokasi area Desa Wisata terutama para peserta ADWI dan Program Sadar Wisata. Area-area di desa wisata bisa terus kita kembangkan, hal tersebut juga menjadi fokus area yang akan dikembangkan oleh tiket.com. Kami yakin kesuksesan ini bisa menjadi inspirasi dan dapat membuka pintu bagi pelaku usaha desa wisata lainnya,” tutup Gaery. (*)