Home Umum Kekurangan Stok Darah, PMI Sleman Optimalkan Mobile Unit

Kekurangan Stok Darah, PMI Sleman Optimalkan Mobile Unit

0

Sleman, Benang.id – Kurangnya stok darah selama pandemi Covid-19 membuat PMI Sleman harus optimalkan pengerahan Mobile Unit (MU) ke lapangan untuk menutup sebagian besar kekurangan persediaan darah. Hal tersebut terjadi karena selama pandemi Unit Darah PMI Sleman hanya didatangi sepuluh sampai lima belas orang untuk melakukan donor. “Kalau normal, biasanya MU cuma keluar sekali seminggu. Tapi sekarang bisa sampai tiga empat kali, mas,” kata Rina Megawati, petugas PMI Sleman saat ditemui Benang.id di tempat kerjanya, Jumat (18/9).

Rina mengatakan, pihak PMI Sleman saat ini gencar menghubungi berbagai instansi pemerintah maupun swasta agar dapat didatangi Mobile Unit PMI Sleman untuk melaksanakan donor di tempat. “Harus jemput bola kita, mas. Paling tidak bisa nambah stok,” katanya.

Menurut Rina, setiap kali keluar, Mobile Unit PMI Sleman bisa medapat dua puluh hingga empat puluh kantong darah. Tergantung besar kecilnya instansi yang didatangi.

Meski sudah menambah frekuensi jalan mobile unit, PMI Sleman masih kewalahan. Setiap hari PMI Sleman mendapat permintaan tujuh puluh lima sampai seratus kantong darah dari berbagai rumah sakit di wilayah Sleman dan baru bisa memenuhi setengahnya.

Selain mengerahkan mobile unit, PMI Sleman juga berupaya menghubungi para pendonor rutin melalui pesan singkat dan aplikasi chatting WA untuk melakukan segera donor di Unit Darah PMI Sleman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here