Kohanudnas Adakan Game Edukatif untuk Siswa Selama Pandemi COVID-19

0
Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus saat peluncuran permainan Penjaga Langit. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, Benang.id – Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah saja bagi beberapa remaja adalah bermain game. Jika biasanya game hanya bersifat permainan biasa tanpa ada unsur edukasi, berbeda dengan game satu ini. Game buatan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) ini sarat akan unsur edukasi tentang wawasan Tanah Air bagi pemainnya.

Tepatnya pada Kamis (14/5/2020), game tersebut resmi diluncurkan secara serentak pada pukul 13.00 WIB, 14.00 WITA atau 15.00 WIT. Nantinya game ini akan rutin diadakan setiap hari Kamis. 

Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus melalui konferensi pers online, Kamis (14/5/2020) menerangkan game ini dirilis dan bisa diikuti oleh seluruh pelajar setingkat SMP dari berbagai wilayah di Indonesia. Adanya game ini merupakan suatu langkah dari jajaran TNI terus membantu dan mendukung berbagai langkah mengatasi pandemi COVID-19 dan tentunya bisa menjadi alternatif anak untuk mengisi waktu luang dengan game interaktif. 

“Kami dari Kohanudnas beserta staf kami mencoba menggodok dan muncullah ide kuis ini di mana kami ingin berkontribusi kepada siswa SMP nantinya juga SMA dan perguruan tinggi tujuannya agar mereka mereka ini generasi milenial yang kita harapkan pada tahun 2045 nanti mereka akan menjadi masa depan bangsa kita meneruskan roda NKRI ini,” sambungnya.

Sebelum mengikuti lomba ini peserta diharuskan melakukan registrasi dengan kartu pelajar mereka. Selanjutnya mereka akan membuka sebuah link dan link tersebut hanya akan terbuka secara serentak di waktu yang sudah ditentukan. 

Game ini didesain berupa kumpulan soal-soal pertanyaan yang berkaitan dengan kenegaraan, Tanah Air, hingga pengetahuan umum lainnya. Secara keseluruhan, Imran menerangkan, ada 50 soal yang harus dijawab oleh peserta lomba dalam kurun waktu selama satu jam.

“1 jam itu sementara ini kita laksanakan sekali seminggu pada hari Kamis. Kita berikan soal 50 kita berikan waktu 1 jam nanti akan dari situ nanti akan keluar siapa yang terbaik di situ kan ada rankingan ya di situ (untuk menentukan pemenang),” ujarnya. 

Tak sekedar game biasa, tim bahkan sudah menyiapkan hadiah bagi peserta yang mengikuti lomba setiap minggunya. Menariknya hadiah yang menanti berupa kuota yang saat ini tentunya sangat dibutuhkan oleh siswa-siswa. Kuota ini nantinya akan dikirim langsung kepada pemenang yang lomba.

“Kita menyiapkan hadiah ini sebagai penyemangat mereka dan untuk menarik perhatian mereka juga. Disini kami berusaha menyiapkan hadiah-hadiah berupa ya sesuai dengan kebutuhan anak milenial saat ini. Tentunya mereka sangat membutuhkan seperti kuota kami tidak menyiapkan hadiah hadiah yang berbentuk seperti barang tapi dengan kuota ini tentunya mereka akan senang dan mereka akan bisa terus untuk berhubungan dengan internet,” ujarnya. 

“Hadiahnya berupa kuota data 50 kuota senilai Rp100 ribu, 20 kuota Rp150 ribu dan 10 kuota Rp200 ribu. Setiap permainan ada 80 (anak) yang mendapatkannya,” sambung Imran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here