Mendekatkan Masyarakat dengan Museum Lewat Program Duta Museum

0
Finalis Duta Museum DIY 2020 saat malam penobatan Duta Museum DIY 2020 di Sleman City Hall, Minggu (9/2/2020). (Foto: san)

YOGYAKARTA, Benang.id – Keberadaan destinasi wisata yang modern kian menjamur di tengah masyarakat. Hal ini membuat museum jadi tidak menarik bagi sebagian besar orang. Melihat hal tersebut, Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan DIY mengadakan pemilihan Duta Museum DIY untuk mendongkrak angka kunjungan museum.

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya, dan Kemasyarakatan, Tri Mulyono, menyampaikan bahwa angka kunjungan ke museum hendaknya diupayakan selalu naik dari tahun ke tahun. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Duta Museum terpilih dan pihak museum untuk menarik minat masyarakat.

“Duta museum juga bertanggung jawab membuat program yang inovatif dan menarik untuk masyarakat,” ujarnya membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat malam penobatan Duta Museum DIY 2020, di Sleman City Hall, Minggu (9/2/2020) malam.

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya, dan Kemasyarakatan, Tri Mulyono, kala membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat malam penobatan Duta Museum DIY 2020, di Sleman City Hall, Minggu (9/2/2020) malam. (Foto: san)

Sehingga, lanjutnya, program kegiatan yang dilaksanakan oleh Duta Museum perlu dipersiapkan secara matang, mengingat di era globalisasi sekarang ini, perubahan berkelanjutan dalam dimensi kehidupan merupakan suatu keniscayaan.

Dengan adanya duta museum, maka pihak pengelola museum tentu akan sangat terbantu terutama berkaitan dengan gerakan nasional ‘Cinta Museum’. Melalui museum, masyarakat mendapatkan pembelajaran yang utuh.

“Kejayaan, kebesaran, dan peradaban yang tinggi peninggalan sejarah yang tidak ternilai dari para pendahulu kita dapat kita saksikan melalui bukti – bukti arkeologis dan historis, serta dapat kita pelajari dalam sebuah museum,” katanya.

Kini, terdapat 45 museum di Yogyakarta. Jumlah ini tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.  Banyaknya museum di DIY tersebut menunjukkan bahwa masyarakat DIY punya peradaban cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here