Home Berita Pemkab Sleman Jadwalkan Pilkades Bulan Agustus

Pemkab Sleman Jadwalkan Pilkades Bulan Agustus

0
Ilustrasi pilkades. (Foto: Shutterstock)

YOGYAKARTA, Benang.id – Pemerintah Kabupaten Sleman berencana akan tetap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak. Pemilihan kepala desa dijadwalkan akan berlangsung pada 30 Agustus 2020 mendatang dengan sistem e-voting.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, pelaksanaan Pilkades mulanya dijadwalkan tanggal 29 Maret lalu. Sayangnya akibat pandemi corona beberapa tahapan yang sedianya sudah berjalan tertangguhkan. Sri Purnomo mengatakan Pilkades yang akan dilaksanakan 30 Agustus nanti akan melanjutkan tahapan-tahapan yang sempat tertunda.

Adapun terkait penjadwalan uoang Pilkades ini merupakan kebijakan dari pemerintah kabupaten karena melihat kondisi perkembangan penanganan COVID-19 yang cukup bagus di Yogyakarta. 

“Maka kami merencanakan Pilkades serentak dilaksanakan pada akhir Agustus, namun ini sifatnya sangat tentatif tergantung situasi dan kondisi sebenarnya,” kata Sri Purnomo, Senin (20/4/2020).

Ia pun memaparkan beberapa tahapan Pilkades yang sempat tetunda. Tahapan yang tertunda ialah sertifikasi tenaga teknis lapangan (TTL), kampanye dialogis, masa tenang para calon, distribusi peralatan e-voting ke TPS dan desa, penyiapan lokasi TPS dan hari pemungutan suara. Tahapan tersebut rencananya akan dilanjutkan mengikuti alur waktu pelaksanaan pilkades serentak, Agustus mendatang.

Sementara terkait prosedurnya, dipastikan akan digelar sesuai dengan standar pencegahan virus yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

“Kalau memang belum aman nanti akan kami pikirkan lagi pelaksanaanya. Sekali lagi (pelaksanaan Pilkades) ini sifatnya sangat tentatif,” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here