Home wisata Pemkot Yogyakarta Garap Kawasan Bantaran Sungai Jadi Wisata

Pemkot Yogyakarta Garap Kawasan Bantaran Sungai Jadi Wisata

0
Bendung Lepen Mrican Youth. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, Benang.id. – Kawasan bantaran sungai di Yogyakarta akan disulap jadi objek wisata oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan image kumuh yang selama ini kerap melekat pada bantaran sungai.  

“Kami memang menggarap kawasan wisata baru terus tumbuh, seperti yang sudah dilakukan warga Bendung Lepen Mrican Giwangan Yogya” ujar Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi..

Bendung Lepen yang dimaksud merupakan aebuah spot menarik berwujud saluran irigasi nan asri dikembangkan warga di perkampungan Mrican, kampung Giwangan Kecamatan Kota Yogyakarta.

Spot yang dinamai warga setempat Bendung Lepen Mrican Youth itu berada di pinggiran Kali Gajah Wong yang membelah perkampungan padat Kota Gudeg. Saluran irigasi itu sendiri mengalir untuk lahan pertanian di Kabupaten Bantul.

Tak hanya airnya yang mengalir jernih dan membuat hati adem. Namun di saluran air itu ada ribuan ikan nila berwarna jingga yang seperti bergerak tak henti hingga membuat orang makin betah berlama lama duduk di pinggiran saluran itu.

Heroe mengatakan saat ini pemerintah Kota Yogya dan Pemda DIY juga masih melanjutkan pengembangan kawasan Bendung Lepen di Mrican Giwangan agar terintegrasi dengan kawasan pusat kerajinan perak, Pandeyan, Kotagede yang berada di sisi seberang sungai Gajah Wong itu.
Integrasi dua wilayah itu ke depan ditarget melahirkan sebuah obyek wisata baru bernama Taman Legawong atau kependekan dari Ledhok Gajah Wong.

“Saat semua bantaran tergarap potensinya, kami bisa memiliki lebih banyak alternatif dan ikon wisata kota yang baru, sehingga wisatawan tak hanya terpusat di Malioboro dan sekitarnya saja,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here