Home Berita Pemkot Yogyakarta Siapkan Pasar Prawirotaman Jadi Sentra Turis Asing

Pemkot Yogyakarta Siapkan Pasar Prawirotaman Jadi Sentra Turis Asing

0
Revitalisasi Pasar Prawirotaman. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, Benang.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kini tengah mempersiapkan Pasar Prawirotaman menjadi lokasi bagi para turis asing untuk berburu cindera mata serta kuliner khas Yogyakarta. Mulai Desember 2020 nanti, pasar ini telah siap untuk beroperasi.

Pembenahan Pasar Prawirotaman sehingga berorientasi turia manca ini tak mengubah identitasnya sebagai pasar tradisional.

“Hanya saja dikelola secara modern dengan cara mengintegrasikannya dengan pasar ekonomi kreatif,” ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Seperti aplikasi, pengembangan permainan, arsitektur, desain produk, fashion, desain interior, desain komunikasi visual, seni pertunjukan, animasi, video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni rupa, televisi dan radio. Sampai pertengahan Juli ini, sudah terdata pelaku ekonomi dari 11 sub sektor dan lima lainnya dalam proses pengkajian. 

Kedekatan pasar tradisional itu dengan lingkungan wisatawan mancanegara dinilai menjadi nilai tambah untuk pengelolaannya dalam mendukung wisata.

Pemkot Yogya berjanji, agar pasar itu terbentuk sesuai target yakni melayani wisatawan manca, akan intens melakukan pendampingan, pembiayaan dan pemberian kemudahan akses perizinan. Pelaku ekonomi lokal yang berorientasi wisatawan mancanegara tidak perlu lagi kerepotan mencari lokasi untuk menawarkan produknya karena sudah tersentral di space tersebut.

“Dengan mencampurkan pasar tradisional dan pasar industri kreatif itu, harapan kami juga menjadikan pasar tradisional bisa dikelola lebiu modern dan bisa menjadi tempat belanja nyaman dan bisa juga wisata bagi para pelancong mancanegara,” katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here