Home wisata Pengunjung Objek Wisata di Jogja Akan Didata Detail

Pengunjung Objek Wisata di Jogja Akan Didata Detail

0
Suasana salah satu pantai di Yogyakarta. (Foto: Pixabay)

YOGYAKARTA, Benang.id – Dinas Pariwisata DIY berupaya menyiapkan sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta untuk menghadapi new normal. Simulasi new normal pun dilakukan di sejumlah destinasi wisata. Untuk mengendalikan pengunjung, Dispar DIY meminta pengelola objek wisata untuk mendata dengan detail pengunjung yang masuk.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X telah berpesan agar semua insan pariwisata untuk berhati-hati sebelum membuka seluruh obyek wisata atau jasa pariwisata yang lain. Pasalnya, pariwisata merupakan plasma dari sektor lain di mana jika terjadi sesuatu yang negatif pada sektor pariwisata maka akan merembet ke sektor lain.

“Jadi mending hati-hati dan perlahan-lahan jika nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Terutama masa pandemi seperti sekarang ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja, Sabtu (13/6/2020).

Data ini nantinya akan tersimpul dalam satu server sehingga akan diketahui pergerakan wisatawan tersebut ke mana saja. Pergerakan wisatawan nantinya akan sangat penting untuk penelusuran jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di masa pandemi sekarang ini.

Selain itu, pengelola juga wajib meminta pengunjung untuk melakukan physical distancing. Hal ini berdampak pada jumlah kunjungan maksimal dari tiap objek wisata.

“Untuk obyek wisata massal misalnya Parangtritis. Nanti akan kita hitung luasannya dan berapa orang yang akan diperkenankan permeternya. Kalau Gembiraloka mudah, yang susah seperti pantai,” ujarnya.

Pihaknya berharap, protokol kesehatan seperti wajib mengenakan masker dan mencuci tangan bisa dipatuhi oleh para pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here