Home Berita Perlunya Manajemen Stres pada Hewan Kurban

Perlunya Manajemen Stres pada Hewan Kurban

0
Hewan Kurban. (FOto: ANTARA)

JAWA TENGAH, Benang.id – Untuk memperoleh daging kurban yang asah, asuh, dan asih diperlukan banyak tindakan. Antara lain sebelum dilakukan penyembelihan terlebih dahulu diterapkan stres manajemen pada hewan kurban.

“Sangat penting melakukan stres manajemen pada hewan-hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan. Cara itu merupakan bagian dari memperoleh daging yang berkualitas. Jadi kita tidak hanya memantau penyakit saja tapi juga pada animal welfare atau kesejahteraan hewannya dengan mengurangi rasa ketermencekamannya, itu yang dinamakan manajemen stres,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan, Kabupten Temanggung Esti Dwi Utami mengutarakan, Jumat (31/7/2020).

Dikatakan Estu, manajemen stres dilakukan sebagai upaya memperoleh kualitas daging agar lebih baik, selain sehat dan halal untuk dikonsumsi. Maka idealnya selain bebas dari segala macam penyakit, bebas dari gelonggongan juga perlu mempersiapkan hewan kurban sejak dini.

Disebutkan, bahwa animal welfare meliputi beberapa hal, yakni memberikan manakan dan minuman yang cukup untuk menjamin binatang sehat, memberikan kondisi yang sesuai bagi binatang dengan suasana menyenangkan. Lalu mencegah kemungkinan jatuh sakit, memberikan lingkungan nyaman bisa bergaul dengan binatang lain berjenis sama, dan menjaga kondisi serta perlakuan agar terbebas dari rasa stres, ketakutan, kebosanan.

“Kami juga meminta kepada panitia penyembelihan hewan kurban untuk segera membagikan daging kurang dari tujuh jam setelah penyembelihan. Ini untuk meminimalisir berkembangbiaknya bakteri pada daging,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here