Home Berita Petakan Potensi UMKM, DWS Datangi Pengrajin Minuman Herbal

Petakan Potensi UMKM, DWS Datangi Pengrajin Minuman Herbal

0

Sleman – (14/11), benang.id – Dalam rangka memetakan potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Calon Bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS) mendatangi tempat produksi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) pembuatan minuman herbal milik Dwijo Suwarno yang berlokasi di Dusun Pulerejo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Sabtu (14/11).

Dwijo yang sudah tiga belas tahun menekuni usaha pembuatan minuman berbahan dasar rempah tersebut kepada DWS mengaku setiap harinya mampu mengolah 18 kilogram gula pasir dan 15 kilogram aneka macam rempah untuk menghasilkan 60 kemasan yang masing- masing berisi 10 sachet minuman herbal siap seduh tersebut.

Ketika ditanya DWS soal jumlah varian yang dihasilkan, Dwijo menjelaskan saat ini pihakya mampu merilis tujuh varian produknya yang terdiri dari jahe, jahe merah, beras kencur, kunir putih, kunir asem, temu lawak, serta secang.

“Kalau soal harga, Mas Danang, setiap kemasan berisi sepuluh sachet kita jual dua belas ribu rupiah,” jelas Dwijo kepada DWS.

Kepada DWS, Dwijo mengaku saat ini usaha miliknya masih dijalankan serta dikelolanya sendiri dengan dibantu oleh anak dan cucu- cucunya.

Soal pemasaran, Dwijo menyatakan dirinya tidak mengalami kendala. Pasalnya, produk minuman instan miliknya sudah memiliki pelanggan tetap, yakni para pedagang pasar serta beberapa toko oleh- oleh di seputaran Prambanan.

“Langsung pada ngambil di rumah, Mas Danang. Alhamdulillah,” kata Dwijo.

Dwijo berharap, kedepan dirinya berharap bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat sekitar agar dapat menjalankan usaha yang sama seperti dirinya.

“Tolong kalau besok Mas Danang jadi bupati (Sleman), kami dibantu bikin pelatihan- pelatihan gitu. Biar masyarakat di sekitar kami bisa membuat usaha minuman juga,” harap Dwijo kepada DWS.

Pada hari yang sama, DWS juga bersilaturahmi dengan puluhan perwakilan warga masyarakat di Dusun Pulerjo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Selain itu DWS juga menyempatkan diri melihat kolam kelompok budidaya ikan yang juga terdapat di Dusun Pulerejo. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here