Ratusan Pegawai Swalayan dan Pedagang Pasar di Kulon Progo Ikuti Rapid Test COVID-19

0
Ilustrasi rapid test COVID-19. (Foto: Shutterstock)

KULON PROGO, Benang.id – Sebanyak 500 pedagang pasar tradisional dan pegawai swalayan di Kulon Progo mengikuti rapid test COVID-19. Rapid test yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kulon Progo ini menyasar masyarakat yang tetap beraktivitas di tengah pandemi COVID-19.

Kedua kelompok ini dinilai rentan karena wilayah kerja mereka rawan kerumunan dan datang dari berbagai kalangan. Mereka menyambut kegiatan itu untuk memastikan kondisi kesehatannya.  

“Ini kami lakukan untuk memotong rantai penyebaran COVID-19,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, Selasa (19/5/2020).

Rapid test dilaksanakan di Puskesmas Wates, Puskemas Sentolo 2, Puskesmas Pengasih 1 dibantu Pengasih 2, serta UPT Labkesda Dinas Kesehatan Kulon Progo. Ia menyebutkan, belakangan ada klaster Indogrosir yang berkaitan dengan warga Kulonprogo.

“Pesertanya sudah dijadwalkan dan dilakukan secara bertahap. Selama pelaksanaan mereka wajib cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” terangnya. 

Apabila hasilnya negatif, maka peserta akan diuji sekali lagi pada awal Juni nanti. Sedangkan mereka yang hasilnya reaktif wajib menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Jika nanti hasilnya reaktif, maka mereka wajib menjalani isolasi secara mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari ke depan. Namun jika nonreaktif nantinya akan diuji sekali lagi pada awal Juni mendatang untuk memastikan kondisi mereka benar-benar aman dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here