Home Berita Rokok Ilegal Tanpa Cukai Diamankan Satpol PP di Kulon Progo

Rokok Ilegal Tanpa Cukai Diamankan Satpol PP di Kulon Progo

0
Ilustrasi rokok. (Foto: Shutterstock)

KULON PROGO, Benang.id – Bekerjasama dengan Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Yogyakarta, Satpol PP Kulon Progo lakukan razia cukai rokok illegal, Senin (20/7/2020). Dari razia ini, petugas berhasil mengamankan ratusan rokok ilegal yang tak dilengkapi dengan cukai rokok.

Razia serupa juga sering dilakukan Satpol PP Kulon Progo, hanya saja kali ini menggandeng KPPBC Yogyakarta. Hal ini merupakan sinergitas dan dukungan Pemkab Kulon Progo dalam pemberantasan cukai rokok ilegal.

Setidaknya ada 200 batang rokok klembak menyan karena tidak dilengkapi dengan cukai rokok. Selanjutnya nantk rokok-rokok tersebut akan diserahkan ke kantor Bea Cukai. Kemungkinan besar rokok-rokok tersebut akan dimusnahkan di kantor tersebur.

“Pengawasan barang kena cukai (BKC) tetapi sekarang persentasenya terus menurun,” kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kulonprogo Sri Widada.

Rokok ilegal ini disita untuk negara. Bagi pedagang yang menjual rokok ilegal, selanjutnya diberikan surat bukti penarikan barang untuk ditunjukkan kepada pabrik atau sales yang menyuplai rokok tersebut. 

Nantinya akan dilakukan pemusnahan agar barang tersebut tidak beredar, karena tidak dilengkapi dengan cukai. Pihaknya juga meminta pedagang untuk tidak menerima dan menjual rokok tanpa cukai. KPPBC Yogyakarta mengingatkan masyarakat untuk tidak menjual barang-barang yang tidak dilengkapi dengan cukai. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here