RSUD Panembahan Senopati Cari Relawan Perawat untuk Tangani Pasien COVID-19

0
RSUD Panembahan Senopati. (Foto: Istimewa)

BANTUL, Benang.id – Kebutuhan akan tenaga keperawatan rupanya diperlukan oleh sejumlah rumah sakit di Yogyakarta. Mengingat, jumlah pasien positif virus corona di Yogyakarta masih terus meningkat.

RSUD Panembahan Senopati, Bantul, membuka relawan perawat untuk menangani pasien suspect maupun positif virus corona.

Direktur Utama RSUD Panembahan Senopati, I Wayan Marthana mengatakan Rumah Sakit Panembahan Senopati membuka kesempatan bagi warga Bantul dan sekitarnya yang memiliki motivasi mengabdi pada kemanusiaan. Saat ini Rumah Sakit Panembahan Senopati membutuhkan tenaga relawan perawat untuk membantu tugas-tugas paramedis menangani pasien.

“Kita beri kesempatan kepada siapa saja ingin mengabdi,” tuturnya, Kamis (26/3/2020).

Kesempatan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengabdikan diri menjadi perawat namun tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat minimal adalah pendidikan D3 Keperawatan serta memiliki  sertifikat Penanganan Pasien Gawat Darurat (PPGD) dan Surat Tanda Registrasi (STR).

Seperti yang diketahui, RSUD Panembahan Senopati merupakan salah satu RS rujukan lantaran memiliki ruang isolasi yang sesuai standar.

“RSUD Panembahan Senopati sudah lama jadi rujukan bersama RSUP Sardjito,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis.

Pemerintah pun mempersilakan rumah sakit jika memang ingin membuka rekrutmen untuk menangani pasien dengan virus corona. Pemkab Bantul juga membuka kesempatan untuk masyarakat yang akan mendonasikan uang maupun peralatan kesehatan lain untuk tangani kasus COVID-19.

“Kebutuhan APD kita juga cukup banyak. Terlebih kita memiliki 4 rumah sakit rujukan, dan semua APD harus menjamin keselamatan tenaga kesehatan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here