Surabaya, benang.id – Scoot, maskapai penerbangan berbiaya hemat yang merupakan anak perusahaan Singapore Airlines, menutup Kompetisi Melukis Digital bertajuk Paint Your Journey yang diluncurkan pada 4 Maret 2025 di Surabaya, Indonesia, untuk para peserta yang berdomisili di Indonesia.
Acara peluncuran kompetisi melukis digital tersebut dihadiri oleh Agatha Yap selaku Director of Marketing, Communications & Loyalty Scoot, Rachel Ajeng — seniman dan desainer grafis, serta Andy Kristono– travel blogger dan arsitek asal Surabaya, yang juga merupakan juri dalam kompetisi ini.
Ketiga juri kompetisi ini juga berbagi cerita tentang bagaimana perjalanan dapat memberikan inspirasi dan kreativitas bagi mereka dalam sebuah diskusi panel di acara tersebut.
Scoot menerima banyak karya dari berbagai kota di Indonesia. Sejalan dengan tema “Inspiring Dreams, Journeys and the Spirit of Travel”, para peserta harus membuat karya seni digital yang mengeksplorasi tema perjalanan wisata dan bagaimana Scoot dapat menghubungkan para traveller dengan aspirasi, perjalanan dan pengalaman mereka.

Tiga pemenang telah dipilih berdasarkan serangkaian kriteria penilaian, yaitu kreativitas dan orisinalitas, relevansi dengan tema, dan dampak visual secara keseluruhan. Para peserta juga harus menulis deskripsi singkat tentang karya seni mereka untuk menjelaskan bagaimana perjalanan wisata telah menginspirasi atau mempengaruhi karya mereka.
Kompetisi Melukis Digital ‘Paint Your Journey’ dari Scoot dilatarbelakangi oleh perkembangan seni digital yang dinamis di Indonesia. Surabaya, salah satu kota terbesar di Indonesia, dikenal dengan perpaduan antara warisan budaya dan inovasi, sehingga menjadikannya lokasi yang ideal untuk meluncurkan inisiatif ini. Kota ini memiliki budaya seni digital yang berkembang pesat dan menjadi rumah bagi komunitas seniman digital muda.
Melalui inisiatif ini, Scoot berharap tidak hanya dapat meningkatkan minat yang lebih besar terhadap seni digital di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi juga mengangkat perjalanan sebagai sumber inspirasi yang kuat untuk seni melalui paparan terhadap budaya dan pengalaman yang berbeda, dan bagaimana perjalanan dapat mendorong imajinasi dan bercerita.
Agatha Yap, Director of Marketing, Communications & Loyalty Scoot, mengatakan, Scoot percaya bahwa perjalanan wisata bukan hanya sekadar mencapai tujuan – namun juga merupakan sebuah perjalanan untuk menemukan sesuatu yang baru, membangun hubungan antar manusia, dan bertumbuh melalui pengalaman.
“Melalui Kompetisi Melukis Digital Scoot yang telah selesai kami selenggarakan di Surabaya, kami merasa bangga dapat menyaksikan karya seni digital, kisah-kisah pribadi, dan ekspresi seni dari para generasi muda yang sangat berbakat,” ujarnya.
Kepada para peserta, ia mengucapkan terima kasih telah berbagi aspirasi yang diekspresikan dan dituangkan melalui karya seni. “Karya seni Anda menghidupkan semangat eksplorasi Scoot dan semangat kami untuk menghubungkan penumpang kami ke berbagai negara, budaya, dan ekspresi kreatif. Kami bangga dapat bekerja sama dengan Anda semua dalam menciptakan kesempatan untuk mengangkat karya seni di Indonesia dan membagikan cerita Anda ke seluruh dunia,” imbuhnya.
Pemenang pertama, Maria Aurellia Dyan Putri Utami, mengatakan bahwa karya seninya terinspirasi dari musisi favoritnya yang baru saja kembali dari Cebu. “Saya ingin mengabadikan kehangatan dan semangat masyarakat Filipina, sebuah budaya yang telah lama menginspirasi karya seni saya. Saya percaya bahwa perjalanan wisata akan membantu saya membayangkan cerita dan koneksi baru. Saya sangat bersemangat untuk mengunjungi Cebu dan semoga dapat berkolaborasi dengan idola saya yang berasal dari Filipina-Amerika suatu hari nanti,” ujarnya.
“Bagi saya, setiap karya seni digital harus mencerminkan kepribadian saya. Saya menciptakan karya yang mengekspresikan keinginan saya untuk bepergian ke mana saja, simbol harapan, kebebasan, dan kemungkinan tak terbatas dari petualangan di masa depan,” ujar Ahid Masdrajad, runner up pertama dalam kompetisi ini.

Sedangkan Runner-up kedua, Ismedy Prasetya, menceritakan bahwa karya yang ia ciptakan untuk kompetisi ini terinspirasi dari perjalanannya ke Jepang baru-baru ini. “Sebagai seseorang yang bekerja di industri kreatif, setiap perjalanan wisata membuka perspektif baru dan memunculkan inspirasi. Untuk karya ini, saya mendapatkan inspirasi dari landmark budaya seperti kuil dan tempat yang ramai seperti Dotonbori di Osaka, serta elemen pop culture seperti seni jalanan, ketika saya mengunjungi Jepang. Saya ingin terus menjelajahi lebih banyak destinasi di masa depan untuk terus memperkaya perjalanan artistik saya,” ujar Ismedy.
Adapun para pemenang Kompetisi Melukis Digital ‘Paint Your Journey’ dari Scoot mendapatkan voucher perjalanan Scoot. Selain itu, seluruh peserta juga mendapatkan goodie bag berisi merchandise dari Scoot.
Saat ini, Scoot terbang ke lebih dari 70 destinasi di 18 negara dan wilayah di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa. Di Indonesia, Scoot melayani 11 kota, termasuk Balikpapan (BPN), Denpasar (DPS), Jakarta (CGK), Kertajati (KJT), Lombok (LOP), Makassar (UPG), Manado (MDC), Padang (PDG), Pekanbaru (PKU), Surabaya (SUB), dan Yogyakarta (YIA). (*/GK)