Home Berita Soal Merapi, Sultan HB X Sebut Warga di Lereng Merapi Tahu Persis...

Soal Merapi, Sultan HB X Sebut Warga di Lereng Merapi Tahu Persis Bahayanya

0
Ilustrasi Gunung Merapi. (Foto: Pixabay)

SLEMAN, Benang.id – Masyarakat yang tinggal di kawasan lereng Merapi, dinilai sudah tahu persis akan ancaman yang mengintai. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Menurut Sultan HB X, ketika erupsi Merapi terjadi maka warga sudah secara langsung segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Selama ini warga sekitar lereng Merapi tahu persis. Biarpun kami mengatakan bahaya, tapi masyarakat tahu persis. Selama tidak ada hewan yang akan mengungsi, selama itu tidak akan ada lava yang turun mereka juga tahu itu. Hal-hal seperti itu, tidak usah diragukan,” ujar Sri Sultan HB X, Kamis (9/7/2020).

Sri Sultan mengungkapkan barang-barang berharga milik warga selama ini juga tidak disimpan di dalam lemari. Namun sudah disiapkan di dalam suatu wadah yang bisa langsung dibawa ketika terpaksa mengungsi.

Belakangan ini memang ada aktivitas dari Gunung Merapi. Akan tetapi karakternya sudah berbeda dibandingkan pada tahun 2010 ke belakang.

“Kalau saya ya, Merapi itu dulu aktivitasnya 4 tahun sekali. Tapi sekarang kan lebih dari 4 tahun, 8 tahun baru aktivitas. Kan wis bedo (sudah berbeda karakter),” katanya.

Sri Sultan mengungkapkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta juga akan melakukan pemasangan peralatan untuk identifikasi aktivitas Merapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here