Home Berita Spanduk Penolakan LAZ ABA Muncul Di Sejumlah Wilayah DIY

Spanduk Penolakan LAZ ABA Muncul Di Sejumlah Wilayah DIY

0

Kota Yogyakarta (1/3), benang.id – Sejumlah spanduk bertuliskan “MASYARAKAT JOGJA MENOLAK KEBERADAAN LEMBAGA AMIL ZAKAT ABDURRAHMAN BIN AUF (LAZ ABA) YANG DIGUNAKAN SEBAGAI PENGGALANGAN DANA TERORISME. DARI JOGJAKARTA TOLAK SEGALA BENTUK RADIKALISME DAN TERORISME” terpasang di sejumlah lokasi di wilayah DIY.

Spanduk- spanduk tersebut diantaranya nampak terpasang di kawasan Jalan Godean, Jalan Wonosari, simpang empat Tugu, simpang empat Gondomanan, Gedongkuning hingga di simpang tiga UIN Sunan Kalijaga dan simpang tiga Gejayan.

“Sebagai warga Jogja kami tidak terima wilayah kami dijadikan sebagai sarang teroris. Kita harus selalu waspada terhadap segala modus yang digunakan oleh jaringan teroris untuk melancarkan aksinya,” kata Surya, Koordinator Forum Komunitas Masyarakat Jogja Anti Terorisme (FORKOM JAT), saat dihubungi perihal munculnya spanduk- spanduk tersebut, Senin (1/3).

Menurut Surya, aksi pemasangan spanduk tersebut sebagai reaksi atas terungkapnya aliran dana kepada jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI), melalui kotak amal milik Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA) yang disebar di berbagai wilayah Indonesia. Adanya aliran dana tersebut diungkapkan dalam rilis Mabes Polri beberapa waktu lalu. Terdapat 12.000 kotak amal di seluruh Indonesia dan 2.000 kotak amal di wilayah DIJ.

Surya menambahkan, pemasangan spanduk tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar lebih waspada dan berhati – hati dalam menerima penitipan kotak amal.

“Jangan sampai masyarakat terutama para pemilik usaha malah terkesan membantu pendanaan jaringan teroris melalui kotak amal,” tambahnya.

Selain itu, Surya juga berharap masyarakat Jogjakarta menjadi lebih sadar dan waspada akan bahaya radikalisme dan terorisme yang berkembang di lingkungan sekitarnya.

“Kedepan, semoga masyarakat Jogja lebih selektif lagi dalam menerima titipan kotak amal di tempat usahanya. Tidak ada lagi warung atau usaha lain yang menerima penitipan kotak amal dari Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA),” tandas Surya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here