Stok APD di Kota Yogyakarta Masih Cukup Hingga Akhir Mei 2020

0
Ilustrasi APD. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi APD. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, Benang.id – Jumlah ketersedian APD (alat pelindung diri) bagi tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta sampai saat ini. Jumlahnya diperkirakan mencukupi kebutuhan bulan Mei ini jika tidak ada lonjakan kasus COVID-19. 

Selanjutnya untuk kebutuhan APD bulan Juni, pemkot tengah melakukan pendataan. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi kembali menegaskan jika hingga Mei nanti jumlahnya masih aman. 

“Kita sudah pesan tapi belum sampai. Tahap pertama kita sudah pengadaan dan sampai Mei kita sudah aman,” ujarnya Selasa (12/05/2020).

Dia menuturkan selama penanganan COVID-19 ini, tenaga kesehatan setidaknya dalam setiap hari memerlukan 10 APD untuk merawat 1 pasien. Ia mengumpamakan jika 40 kamar di tujuh rumah sakit rujukan seluruhnya merawat pasien, berarti dalam satu hari akan memerlukan sekitar 400 APD.

Walaupun kebutuhan APD di bulan Juni belum datang, pihak Pemkot telah mempersiapkan berbagai rencana agar kebutuhan APD jangan sampai kekurangan. 

“Yang bulan Juni ini belum datang. Kalau terjadi ledakan (kasus) tentunya kita akan mempersiapkan APD lebih banyak,” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here