Home Berita Tak Mampu Menampung Air, Telaga Nglindur di Gunungkidul Meluap

Tak Mampu Menampung Air, Telaga Nglindur di Gunungkidul Meluap

0
Ilustrasi hujan. (Foto: Pixabay)

GUNUNGKIDUL, Benang.id – Hujan yang melanda Kabupaten Gunungkidul sejak Sabtu (7/3/2020) siang membuat sejumlah titik di kabupaten ini dilanda banjir. Kolam resapan tak mampu menampung air akibat hujan dengan intensitas sedang dan tinggi yang berlangsung cukup lama di Gunungkidul.

Salah satunya Telaga Nglindur yang ada di Desa Nglindur, Kecamatan Girisubo, yang tak mampu menampung air. Hal ini membuat pemukiman di sekitar Telaga Nglindur terendam air.

Hingga malam hari, hujan masih berlangsung meskipun intensitasnya berkurang. Hal ini membuat air limpasan dari atas bukit cukup banyak dan langsung turun ke telaga.

“Saluran air dan juga kolam resapan tak mampu menampung air lagi. Saking derasnya air,” kata Kepala Desa Nglindur, Supriyanto, Minggu (8/3/2020).

Supriyanto menambahkan, letak perkampungan yang terendam tersebut memang tidak begitu jauh dari telaga. Akibatnya warga harus siaga semalam suntuk menjaga aset mereka agar tidak terendam lebih banyak lagi. Hingga pagi hari, air masih menggenang kawasan ini meskipun sudah tidak masuk rumah 

“Warga terlihat membersihkan rumah mereka,”tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here