Tarian Jawa Iringi Penanaman Pohon Bodhi di Lereng Merapi

0
Kinanti Sekar Rahina dan Wahono menari sambil menanam pohon bodhi.

SLEMAN, Benang.id – Pandemi COVID-19 tak membuat kegiatan penanaman di kawasan lereng Merapi terhenti begitu saja. Ratusan pohon telah tertanam di lereng Merapi selama pandemi COVID-19 ini. Penanaman pohon kali ini dilakukan di Wonogondang, yang merupakan markas Komunitas Pagar Merapi.

Berbeda dengan penanaman sebelumnya, penanaman kali ini diiringi oleh tarian dan unen-unen dalam bahasa jawa. Jenis pohonnya pun bukan beringin tetapi pohon bodhi.

“Tadi kami secara perjalanan spiritual untuk menanam pohon bodhi,” ujar Kinanti Sekar Rahina, salah seorang penari, Sabtu (27/6/2020).

Kinanti Sekar Rahina dan Wahono menari sambil menanam pohon bodhi.

Selain sebagai upaya penghijauan, penanaman pohon bodhi ini juga bertujuan untuk menjaga debit air di kawasan lereng Merapi. Pohon Bodhi dikenal sebagai pohon yang mampu menahan air di suatu daerah.

“Jadi kita bisa melihat di belakang kita sudah hampir terkikis, tapi kita berharap bahwa pohon bodi ini akan tumbuh sampai selama-lamanya,” harap Sekar.

Adapun unen-unen yang dilagukan selama penanaman berlangsung. Unen-unen tersebut tak jauh dari harapan atas penanaman pohon bodhi ini.

“(unen-unen tadi bermakna) Katiuping angin itu terhempas oleh angin, binarung sorot sang hyang arka artinya bebarengan dengan sinar dari matahari, weh marta lan hardaya itu memberikan kekuatan dan berbagi kasih,” tutup Wahono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here