Mewujudkan ide menjadi solusi siap dimanfaatkan pasar melalui Ruang Kolaboratif dan Inovatif yang Dinamis
Jakarta, benang.id – Tetra Pak, perusahaan solusi pemrosesan dan pengemasan makanan terkemuka di dunia, secara resmi membuka Customer Innovation Center (CIC), pusat inovasi pelanggan di Bangkok, Thailand. Fasilitas ini dibangun untuk membantu pelaku usaha industri makanan dan minuman (F&B) dalam mengubah ide mereka menjadi suatu produk dan bersolusi inovatif demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.
Berlokasi di kantor Tetra Pak, Bhiraj Tower di EmQuartier, CIC Bangkok dirancang menjadi pusat kolaborasi dan inovasi yang memungkinkan pelaku usaha untuk meningkatkan efisiensi pengembangan produk dan mempercepat waktu peluncuran ke pasar melalui solusi mutakhir. Acara peresmian yang diadakan pada Rabu (14/5/2025) ini dihadiri para tamu kehormatan dan pemangku kepentingan industri, termasuk Mr Per Linnér, Deputi Perwakilan Misi, Duta Besar Swedia untuk Thailand, perwakilan dari Business Sweden dan Kamar Dagang Swedia-Thailand serta pelanggan juga mitra Tetra Pak.
Satu Destinasi untuk Inovasi dan Pertumbuhan

CIC Bangkok dirancang sebagai lingkungan kondusif yang mendukung inovasi dan eksplorasi peluang pertumbuhan baru. Pusat ini bertujuan membantu pebisnis menemukan solusi baru, mengatasi tantangan saat ini, dan bereksperimen dengan konsep-konsep baru. CIC menawarkan rangkaian layanan lengkap bagi para pelaku usaha, mulai dari penciptaan konsep hingga peluncuran produk. Layanan tersebut dibuat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dengan menerapkan 5 (lima) langkah komprehensif, seperti:
-
Penemuan Wawasan (Insight Discovery): Melakukan riset mendalam untuk memahami dinamika pasar dan kebutuhan konsumen
-
Pendalaman Kategori (Category Immersion): Mengidentifikasi peluang pasar dan tren global untuk merancang strategi bisnis yang relevan dan terarah.
-
Ajang Inovasi (Innovation Showcase): Menampilkan solusi inspiratif dari seluruh dunia untuk memicu kreativitas dan kemungkinan pengembangan produk baru
-
Ruang Ko-Kreasi (Co-Creation Space): Menyediakan lingkungan kolaboratif untuk menghasilkan dan menyempurnakan ide-ide inovatif
-
Pembuatan Prototipe (Prototyping): Mengembangkan prototipe nyata secara cepat untuk pengujian, mendapatkan respon balik, dan penyempurnaan sebelum diluncurkan ke pasar.

Julia Luscher, Vice President Marketing, Market Operations Tetra Pak mengatakan bahwa preferensi konsumen pada industri makanan dan minuman berubah dengan cepat, sementara sistem pangan global terus menghadapi ketidakpastian. “Membangun ketahanan pangan jangka panjang belum pernah sepenting ini. Seiring dengan adanya perubahan prioritas, kebutuhan akan pendekatan produksi pangan yang berkelanjutan dan inovatif juga meningkat,” tuturnya.
“Di Tetra Pak, kami percaya bahwa inovasi adalah kunci untuk tetap kompetitif. Peluncuran CIC Bangkok menegaskan komitmen kami dalam membantu industri menghadapi perubahan dan menggali potensi pertumbuhan baru. Kami menyambut para pelaku usaha untuk memanfaatkan CIC sebagai titik awal dalam menciptakan inovasi dan memperkuat posisi mereka di pasar,” imbuhnya.
Dengan penjualan makanan dan minuman kemasan di Indonesia yang mencapai angka mengesankan sebesar USD 40,11 miliar (Rp 601,65 triliun) pada 2023, sektor ini terus menunjukkan ketahanan yang kuat dan potensi pertumbuhan yang besar, apalagi didukung oleh jumlah penduduk yang melebihi 275 juta jiwa. Peluncuran CIC Bangkok menghadirkan peluang tepat bagi pelaku usaha F&B Indonesia dalam mempercepat inovasi, mengembangkan solusi yang relevan bersama-sama, dan memperoleh akses lebih cepat terhadap produk siap pasar; memposisikan mereka untuk melayani basis konsumen yang berkembang pesat di mana diperkirakan akan melebihi 281 juta jiwa pada 2025.
CIC Bangkok telah menjadi bagian dari jaringan global Tetra Pak, bersama dengan fasilitas serupa di Amerika Serikat, Swedia, Italia, Dubai, dan Brasil. Pada 2026, Tetra Pak berencana membuka Pusat Pengembangan Produk di Rayong, Thailand, di mana para pelaku usaha dapat menguji produk terbaru dan mengidentifikasi peralatan pemrosesan yang tepat untuk produksi dalam skala besar.
Inisiatif-inisiatif ini memperkuat peran Tetra Pak sebagai mitra bisnis terpercaya bagi pelaku usaha makanan dan minuman, membantu mereka menghadapi kompleksitas pasar dengan keyakinan dan kreativitas. Hal ini juga mengukuhkan posisi Tetra Pak sebagai pemimpin global dalam melakukan inovasi di industri ini. (*/GK)