Friday, November 22, 2024
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiTerus Berinovasi, Morula IVF Indonesia Garap Pasar Bisnis Baru

Terus Berinovasi, Morula IVF Indonesia Garap Pasar Bisnis Baru

Jakarta, benang.id – Tingginya antusiasme masyarakat terhadap program bayi tabung (IVF)semakin meningkat, hal ini diperkuat dengan perkembangan program bayi tabung (In Vitro Fertilization/IVF) yang cukup besar di Indonesia.

Berdasarkan data Perfitri (Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia) total siklus program IVF di Indonesia pada tahun 2021 diperkirakan mencapai 10.000 lebih cycle (program) IVF di Indonesia dan Morula menguasai hampir 60% market share di industri IVF tahun lalu. Bisnis Morula IVF sendiri tumbuh 46% dibandingkan tahun 2020.

Angka tersebut terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura ataupun Thailand, dimana pasien bayi tabung mereka sangat bergantung pada medical tourism dan sebagian besar merupakan pasien asal Indonesia ataupun dari Cina.

Ke depan Morula IVF akan menambah beberapa cabang baru di beberapa kota seperti di Surabaya, Bali, Palembang dan Jakarta. Selain itu akan ada perkembangan area Morula IVF Menteng Jakarta untuk menunjang fasilitas dan kenyamanan pasien seperti ruang OK dan lab yang semakin besar didukung dengan teknologi futuristik yang sangat canggih dan mampu melayani pasien dengan lebih cepat dan lebih baik clinical outcomes nya.

Morula IVF
Gedung Morula IVF Indonesia. Foto: Morula/IST

Kemudian Morula jg akan mengembangkan proyek mercu suar di Nusa Dua, Bali, bertepatan dengan acara puncak G20 nanti, dengan konsep baru yakni Fertility Resort Hospital.

Morula pun juga mempunyai rencana bisnis jangka panjang untuk memperluas jaringan hingga ke mancanegara dengan melakukan proses akuisisi ataupun dalam bentuk Joint Venture dengan klinik IVF terkemuka di Asia Tenggara.

“Sebagai salah satu pelopor dalam program bayi tabung (IVF) di Indonesia, Morula memiliki tanggung jawab yang besar untuk membantu pasangan mendapatkan buah hati serta mewujudkan tujuan dari service excellence kami yaitu satisfied patients along the clinical journey,” ujar Managing Director Morula IVF Indonesia Ade Gustian Yuwono dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/5/2022).

Ade mengatakan pihaknya ingin agar para pasien Morula dapat menikmati proses dari program ini dengan senyaman mungkin.

“Maka dari itu kami berkomitmen menghadirkan sistem pelayanan berbasis holistic services yang dapat membuat pasien lebih nyaman lagi saat ke Morula untuk menjalani program, karena kepuasan pasien akan layanan kami merupakan prioritas utama Morula IVF Indonesia,” tambah Ade

Dengan mengedepankan semangat service excellent & cutting edge technologies saat ini Morula IVF Indonesia telah bertransformasi menjadi penyedia layanan fertilitas terpadu lebih dari sekedar layanan bayi tabung (IVF).

Dengan layanan terbaru meliputi Morula Food & Wellness yang sebelumnya hanya bisa dipesan melalui online, kini hadir dan dapat dinikmati secara dine in, di restoran Cikang, Menteng serta Morula Wellness yang bekerja sama dengan resort-resort terkemuka di beberapa destinasi wisata seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta sebagai pelengkap program di Morula.

Morula IVF
Morula IVF Indonesia ingin agar para pasien dapat menikmati proses dari program IVF dengan senyaman mungkin. Foto: Morula/IST

Selain itu juga ada Klinik Fertilitas Indonesia (KFI) sebagai unit pendukung Morula yang menjangkau pasien di daerah-daerah yang memiliki fasilitas seperti konsultasi program kehamilan, analisa sperma dan tindakan inseminasi yang saat ini tersedia 140 klinik akan berkembang hingga 200 klinik di Indonesia sebagai mitra Morula hingga akhir 2022.

Ade menambahkan bahwa Morula Indonesia senantiasa menyediakan pelayanan yang holistik dan juga berkomitmen agar selalu melakukan improvement.

Hal ini dapat terlihat dari Morula Infertility Assistant (MIA) yang semakin friendly maupun pengembangan Apps khusus untuk pasien Morula IVF yang terhubung dengan keseluruhan ekosistem layanan di dalam wadah BMHS di antaranya Rumah Sakit Bunda, Laboratorium Klinis Diagnos, layanan ambulance exclusive ER dan lain sebagainya, sehingga kenyamanan pasien Morula semakin meningkat.

“Begitu juga halaman website dan media sosial yang semakin menyenangkan, sehingga konsumen dapat mengakses informasi dengan lebih mudah,” ujar Ade.

Selain itu untuk menambah kenyamanan konsumen, pada 2022  Ade mengatakan Morula Indonesia akan menyediakan executive lounge di Morula IVF Jakarta yang akan diimplementasikan terhadap cabang-cabang lainnya secara bertahap.

“Ini merupakan komitmen kami untuk menciptakan layanan ekosistem yang mumpuni untuk para pasien, sehingga kami berharap dapat tercipta satisfied patients along the clinical journey,” pungkas Ade.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments