Tingkatkan Kewaspadaan, Bandara Adisutjipto Gelar Simulasi Penanganan Penumpang Suspect Virus Corona

0
Simulasi penanganan penumpang suspect virus corona di Bandara Adisutjipto, Kamis (20/2/2020). (Foto: Istimewa)

SLEMAN, Benang.id – Virus corona masih menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat. Salah satu tempat yang memungkinkan masuknya virus corona adalah di bandara. Karena, di bandara banyak wisatawan luar negeri datang.

Untuk meningkatkan kewaspadaan personil, Bandara Adisutjipto mengadakan simulasi penanganan terhadap penumpang suspect pandemi 2019nCov (Novel Coronavirus). Simulasi ini merupakan wujud pelaksanaan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara tentang Petunjuk dan Tata Cara Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139-10 Rencana Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara.

“Selain itu, simulasi ini kami gelar sebagai upaya antisipasi dan peningkatan kewaspadaan penanggulangan terhadap pandemi Novel Coronavirus,” jelas Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Kamis (20/2/2020).

Simulasi penanganan penumpang suspect virus corona di Bandara Adisutjipto, Kamis (20/2/2020). (Foto: Istimewa)

Sebanyak 66 orang personil gabungan yang terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV Yogyakarta, Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta, Polda DIY, TNI AU, Groundhandling dan Maskapai rute internasional (Air Asia dan Silk Air), mengikuti simulasi ini.

“Seluruh penumpang yang datang akan melewati pintu kedatangan internasional untuk dipantau suhu tubuhnya. Telah tersedia alat body thermal scanner di terminal kedatangan internasional untuk memantau dan mengawasi penumpang yang mendarat melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta,” lanjutnya.

Ketika penumpang tersebut menunjukkan indikasi suhu tubuh yang tinggi maka orang tersebut akan dikarantina dalam ruang isolasi dan kemudian akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta.

Upaya antisipasi penyebaran virus korona di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta telah dilakukan. Selain memastikan kesiapan seluruh personil dari instansi terkait, PT Angkasa Pura I (Persero) juga telah menggelar Posko Waspada 2019nCov bersama instansi pariwisata dan KKP pada 31 Januari 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here