Virus Corona Merebak, Kunjungan Wisman ke Candi Prambanan Turun 35 Persen

0
Candi Prambanan. (Foto: pixabay)

SLEMAN, Benang.id – Merebaknya virus corona ke berbagai negara di dunia rupanya membuat destinasi wisata mengalami penurunan pengunjung. Di Candi Prambanan, wisatawan mancanegara (wisman) dari Cina dan Jepang sudah tak terlihat.

Hal ini pun diakui oleh General Manager PT TWC Destinasi Prambanan, Aryono Hendro M. Ia mengatakan bahwa jumlah penurunan wisman ke Candi Prambanan mencapai 35%.

“Sebenarnya ini juga pas low season. Jadi agak terasa,” katanya, Rabu (11/3/2020).

Lebih lanjut, saat low season, memang terjadi penurunan kunjungan wisman. Namun, kali ini juga dipengaruhi dengan merebaknya virus corona di berbagai negara yang membuat wisman mengurungkan niatnya untuk berpergian.

Biasanya, pada low season penurunan wisman hanya sebesar 10% dibandingkan hari biasa. Namun, kali ini penurunannya mencapai 35%.

“Ini memang cukup berdampak pada kunjungan wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah pun memberikan diskon bagi wisatawan yang berkunjung ke 10 destinasi di Indonesia termasuk Candi Prambanan.

Guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung biaya juga memperlakukan prosedur penanganan atau penanggulangan corona virus. Di mana pengunjung terutama dari luar negeri akan melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan alat yang telah disediakan.

“Kami ada body therma di pintu-pintu masuk, dan juga hand Sanitary,”ungkapnya.

Pihaknya tetap berharap agar isu corona virus tersebut segera berlalu. Sehingga kunjungan wisatawan terutama wisatawan mancanegara akan kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here