YIA Akan Beroperasi Penuh, 29 Penerbangan Masih Beroperasi di Bandara Adisutjipto

0
Yogyakarta International Airport (YIA). (Foto: Istimewa)

KULON PROGO, Benang.id – Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo resmi beroperasi penuh, Minggu (29/3/2020). Tanpa seremonial akibat pandemi virus corona, PT Angkasa Pura I akan memindahkan semua penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto ke YIA. 

136 penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto akan berpindah ke YIA. Sementara dua penerbangan internasional  di Bandara Adisutjipto juga akan dipindahkan ke YIA. Namun pihak maskapai yang melayani penerbangan internasional tersebut sudah menghentikan rute mereka sejak tanggal 20 Maret 2020 yang lalu.

Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menuturkan, meskipun YIA beroperasi penuh dan penerbangan bandara Adisutjipto dipindahkan ke bandara di Kulonprogo tersebut, namun Bandara Adisutjipto akan tetap beroperasi. Dan Bandara Adisutjipto juga masih berada di bawah pengelolaan manajemen PT Angkasa Pura I.

“Adisutjipto masih akan beroperasi. Pengelolaan di bawah kita, bukan kita kembalikan ke Kemenhub atau TNI AU,” ujar Faik, Sabtu (28/3/2020).

Faik menambahkan YIA akan melayani penerbangan komersial ataupun carter serta cargo dengan menggunakan pesawat jet ataupun juga propeler baik ekonomi ataupun VVIP. Sementara untuk Bandara Adisutjipto hanya melayani pesawat propeler baik komersial ataupun carter.

Faik menyebut jika saat ini penerbangan yang eksisting beroperasi di Bandara Adisutjipto dengan pesawat propeler adalah Wing Air ada 8 movement (pergerakan), Citilink 2 movement dan Trans Nusa 1 movement. Pihaknya juga sudah menerima penerbangan baru dari Citilink dan Trans Nusa.

“Citilink akan menambah 11 movement dan Trans Nusa akan menambah 11 movement sehingga total 29 pergerakan pesawat baling-baling,”paparnya.

Faik menambahkan, di DIY dan Jateng saat ini sudah ada 4 bandara besar yaitu Bandara YIA, Adisutjipto, Adi Sumarmo Solo dan Ahmad Yani. Hal ini menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan moda transportasi udara. Dan jika ada 1 maskapai yang memilih memindahkan penerbangan ke Adisumarmo Solo dibanding ke YIA, Faik menandaskan bukan karena jarak ataupun aksesibilitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here