Home Berita Yogyakarta Kini Miliki 4 Rumah Sakit Rujukan untuk Tangani Virus Corona

Yogyakarta Kini Miliki 4 Rumah Sakit Rujukan untuk Tangani Virus Corona

0
Ilustrasi rumah sakit. (Foto: Pixabay)

YOGYAKARTA, Benang.id – Tak hanya 2, Yogyakarta kini memiliki 4 rumah sakit rujukan untuk menangani pasien positif virus corona (COVID-19). Keempat rumah sakit tersebut adalah RSUP Sardjito, RSUD Panembahan Senopati Bantul, RSUD Kota Yogyakarra dan RSUD Wates Kulon Progo.

Hal ini sesuai dengan kebijakan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) yang ingin menambah jumlah rumah sakit untuk menangani virus corona. Sebelumnya, Kemenkes telah menetapkan 100 rumah sakit rujukan.

“Kini bertambah jadi 137 rumah sakit di seluruh Indonesia. 2 tambahan diantaranya ada di DIY,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaningsih, Kamis (5/3/2020).

2 rumah sakit tambahan dari DIY yaitu RSUD Wates dan RSUD Kota Yogyakarta. Sebenarnya, RSUD Wonosari juga diajukan menjadi rumah sakit rujukan. Namun, karena fasilitas yang masih belum memadai, alhasil dibatalkan.

“Tentu semuanya melalui proses verifikasi. Layak atau tidak, tidak asal memiliki ruang isolasi,” ujarnya.

Dengan adanya 2 rumah sakit tersebut, maka pasien suspect dan pasien dengan penyakit lain yang perlu diobservasi, bisa lebih dekat untuk mendapatkan perawatan medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here