Wednesday, July 23, 2025
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupYouGov: Ibu Baru Setia pada Produk Susu, Tapi Preferensi Brand Berubah Seiring...

YouGov: Ibu Baru Setia pada Produk Susu, Tapi Preferensi Brand Berubah Seiring Pengalaman Mengasuh Anak

Jakarta, benang.id Data terbaru dari YouGov mengungkap bagaimana pertimbangan dan loyalitas terhadap brand berubah seiring perjalanan ibu-ibu Indonesia dari pengalaman pertama menjadi orang tua hingga menjadi pengambil keputusan rumah tangga yang lebih berpengalaman.

Dalam rangka Hari Anak Nasional, YouGov merilis data terbaru mengenai perilaku konsumen di kalangan ibu dengan anak di bawah usia 18 tahun di Indonesia—mengungkap perbedaan signifikan dalam preferensi brand antara ibu baru (yaitu ibu yang baru memiliki anak pertama berusia 0–5 tahun) dan ibu berpengalaman (yaitu ibu dengan lebih dari satu anak, di mana salah satu anaknya masih berusia 0–5 tahun).

Data menunjukkan bahwa ibu baru sangat cenderung memilih produk susu, dengan Ultra Milk, Bear Brand, dan Cimory mendominasi brand yang paling banyak dipertimbangkan. Namun, seiring bertambahnya pengalaman, pilihan brand semakin beragam mencakup makanan ringan, produk kemasan, dan perawatan pribadi.

Lima merek top bagi ibu baru dan berpengalaman

Ibu adalah salah satu kelompok konsumen paling berpengaruh di Indonesia, terutama dalam kategori makanan, minuman, dan produk perawatan,” ujar Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia & India.Data kami menunjukkan bagaimana hubungan konsumen dengan brand berkembang seiring kepercayaan diri dan kebutuhan rumah tangga yang makin kompleks. Bagi brand, ini adalah peluang bukan hanya untuk menarik pembeli pertama, tapi juga membangun relevansi jangka panjang.”

Ibu baru sangat terfokus pada produk susu, dan ibu berpengalaman menunjukkan preferensi lebih beragam

Di kalangan ibu baru, seluruh lima brand teratas yang paling banyak dipertimbangkan adalah produk susu. Sedangkan bagi yang sudah memiliki anak sebelumnya, kategori camilan dan makanan ringan lebih beragam, seiring pertumbuhan anak dan kompleksitas rutinitas rumah tangga.

Persepsi Brand Menguat di Kalangan Ibu Baru

Preferensi ibu baru dan ibu berpengalaman

Indeks persepsi brand YouGov (pertimbangan di antara responden yang mengenal brand) menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi di kalangan ibu baru dibandingkan periode sebelumnya.

  • Ultra Milk tetap unggul di kedua segmen, namun di kalangan ibu baru terjadi kenaikan 7,2 poin dalam kekuatan brand.

  • Bear Brand naik 7,4 poin, Greenfields naik 9,1 poin, dan Cimory naik 6,5 poin—semuanya mencatat peningkatan signifikan di segmen ibu baru.

Data ini memperkuat anggapan bahwa ibu baru merupakan entry point yang sangat penting bagi brand, terutama di kategori dengan tingkat kepercayaan tinggi seperti susu,” tambah Edward.  “Namun untuk tetap relevan, brand perlu memahami bagaimana kebutuhan ibu berkembang seiring waktu. Brand yang mampu tumbuh bersama ibu, dari susu ke camilan, dari kebutuhan awal hingga kenyamanan sehari-hari, akan memiliki peluang terbaik dalam membangun loyalitas jangka panjang.”

Laporan ini didasarkan pada data YouGov BrandIndex yang dikumpulkan pada Juni 2025, mencakup ibu dengan anak di bawah usia 18 tahun di Indonesia. Segmentasi dilakukan berdasarkan status sebagai ibu baru dan ibu berpengalaman, mencakup kategori Minuman, Makanan Ringan, Perawatan Anak, dan Toko Mainan. (*/GK)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments