Monday, July 15, 2024
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiTiga BUMN Optimalisasi Layanan Jasa Kapal Tunda di KIP

Tiga BUMN Optimalisasi Layanan Jasa Kapal Tunda di KIP

Jakarta, benang.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten, PT Jasa Armada Indonesia Tbk dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) yang merupakan anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, melakukan kerja sama Pemanduan dan Penundaan serta Penyediaan Sarana Bantu Pemanduan Berupa Kapal Tunda di Krakatau International Port (KIP) atau Terminal Cigading.

Penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan, Kamis (15/2/2023) di Gedung Wisma Baja, Krakatau Steel, Jl Gatot Subroto, Jakarta,   ini dihadiri Staf Ahli Bidang Managemen Kemenko Marves RI Bidang Sosioantropologi Basilio Dias Araujo, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten Agung Fitrianto, Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk Shanti Puruhita, dan Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Akbar Djohan.

Akbar Djohan menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan sinergi antar BUMN untuk mendukung akselerasi kegiatan ekonomi di pelabuhan khususnya di Terminal Cigading, Banten yang dimana terminal ini dimiliki dan dikelola oleh PT Krakatau Bandar Samudera atau lebih dikenal Krakatau International Port.

Penandatanganan kerja sama antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten, PT Jasa Armada Indonesia Tbk dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) dilaksanakan, Kamis (15/2/2023) di Gedung Wisma Baja, Krakatau Steel, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Foto: KBS

“Kerja sama ini dalam hal pemanduan dan penundaan serta penyediaan sarana bantu pemanduan berupa Kapal Tunda di Terminal Cigading Milik PT Krakatau Bandar Samudera. KBS dengan Pelindo Regional 2 Banten dan anak usaha Subholding Pelindo yaitu PT. Jasa Armada Indonesia Tbk melakukan kegiatan ini  secara bersama dan nantinya akan bagi hasil dalam kegiatan ini,” ujar Akbar dalam keterangan tulisnya.

Akbar menambahkan, kerja sama ini juga akan memperkuat kinerja dalam kegiatan pemanduan maupun penundaan agar lebih baik sesuai harapan pengguna jasa pelabuhan. kapal tunda berperan penting dalam memastikan layanan kapal sandar dan keluar pelabuhan dengan mengutamakan Safety First di Krakatau International Port.

“Kami memang memiliki 2 terminal (Terminal Cigading 1 – Terminal Cigading 2), dengan total 17 dermaga, fasilitas pegudangan terintegrasi dan Pusat Logistik Berikat. Wilayah ini menjadi wilayah kerjasama dengan Pelindo,” ungkap Akbar.

Penandatanganan kerja sama antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten, PT Jasa Armada Indonesia Tbk dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) dilaksanakan, Kamis (15/2/2023) di Gedung Wisma Baja, Krakatau Steel, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Foto: KBS

Kerja sama ini diharapkan membawa dampak positif, bagaimana terjalinnya kolaborasi dengan berbagai pihak, dalam hal ini antar BUMN untuk meningkatkan nilai tambah dalam aktivitas ekonomi kepelabuhanan.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto juga menyampaikan terima kasih kepada PT Krakatau Bandar Samudera dapat melanjutkan kerja sama ini yang sebelumnya pernah dilakukan di Tahun 2022. “Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang telah dimulai sejak 1 Desember 2021. Kami juga berharap kerjasama ini dapat ditingkatkan dan tentunya kinerja pelayanan pandu dan tunda lebih meningkat, serta menjaga peranan penting antara BUP Pelindo dan KIP dengan semua stakeholders,” ungkap Agung. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments