Tuesday, January 31, 2023
No menu items!
spot_img
HomeInternasional28 Desember, Kardinal Suharyo Berikan Pesan Natal bagi Diaspora Katolik Indonesia

28 Desember, Kardinal Suharyo Berikan Pesan Natal bagi Diaspora Katolik Indonesia

Milan, benang.id – Jaringan Komunitas/Keluarga  Katolik Indonesia (KKI) Diaspora Sedunia akan menggelar secara virtual Perayaan Natal 2022 pada tanggal 28 Desember bertepatan dengan Pesta Kanak-kanak Suci Martir, pada hari ke-empat dalam Oktaf Natal. 

Shirley Hadisandjaja, Panitia Perayaan Natal Jaringan KKI Diaspora mengatakan, dalam Perayaan Natal yang mengambil tema sama dengan Pesan Natal 2022 bersama KWI dan PGI yaitu “…pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain” (Mat 2:12), Mgr Ignatius Kardinal Suharyo akan memberikan pesan Natal bagi para Diaspora Katolik Indonesia di dunia.

“Sungguh sebuah berkat dapat kembali merayakan Natal Kelahiran Tuhan Yesus bersama para diaspora Katolik di manapun di dunia. Tahun ini Jaringan KKI memfokuskan pada KKI-KKI yang berada di Amerika Serikat, karena salah satu KKI di sana yaitu KKI Houston akan menjadi penyelenggara kegatan ‘Jambore 2023’. Kegiatan ‘Jambore’ ini bertujuan untuk menjalin hubungan kekeluargaan, kebersamaan dan memupuk iman Katolik dari umat Indonesia di USA,” demikian disampaikan Ketua KKI Houston, Windra Sugiaman kepada Shirley Hadisandjaja.  

Shirley menjelaskan bahwa panitia telah mengundang KKI-KKI untuk berpartisipasi dalam Perayaan Natal bersama ini.

“Tidak diduga banyak KKI terutama dari USA yang berperan aktif seperti menyumbangkan lagu-lagu untuk Misa Kudus dan seorang diakon dari Atlanta, Georgia, USA juga membantu melayani di dalam Perayaan Ekaristi yang akan dipimpin LIVE dari Italia oleh RP Avensius Harung MI (ketua IRRIKA) dan RP Lukas Nurak OFM Konventual dari Basilika St Antonius Padua selaku Pengkotbah,” ujar Shirley.

Ia menambahkan, sebelumnya, dalam masa Advent, Jaringan KKI Diaspora juga telah menampilkan  Renungan Advent setiap minggunya dalam bentuk video yang disumbangkan secara bergilir oleh RP Ferry Indriyanto SSCC – Diaspora Katolik dari Leuven, Belgia, RP Tuan Kopong MSF yang mewakili Diaspora Katolik di Filipina, Asia, RP Trinold Asa SVD dari KKI Melbourne mewakili Benua Australia, dan oleh Diakon Antonius Pancha Anugerah dari KKI Atlanta, Georgia, USA.

Natal Diaspora Katolik Indonesia
Jaringan KKI Diaspora Sedunia akan menggelar secara virtual Perayaan Natal pada 28 Desember 2022. Foto: KKI Milan

Selain KKI-KKI dari Amerika Serikat, dalam Perayaan Natal tanggal 28 Desember nanti juga akan tampak keterlibatan KKI dan warga dari Asia seperti Indonesia, Singapura, Hong Kong, Tokyo, lalu Sydney, Australia, juga dari Eropa seperti Swiss, Perancis, Belanda, Jerman, St Petersburg-Rusia, dan Italia. Semua dikerjakan dengan semangat kasih, sukarela dan pelayanan. 

Shirley menuturkan, pada Perayaan Natal tahun ini Jaringan KKI Diaspora telah mengundang beberapa Pemimpin Gereja Katolik dan tokoh awam Katolik untuk memberikan pesan Natal bagi para diaspora Indonesia.

“Sangat bersyukur beberapa di antara mereka terutama Bapak Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, Uskup Agung Jakarta telah berkenan berbagi kasih dan berkat bagi semua umat Katolik di perantauan melalui pesan Natal yang beliau sampaikan,” ujarnya. 

Perayaan Natal Jaringan KKI Diaspora tanggal 28 Desember 2022 akan berlangsung pada pukul 20.00 WIB yang diawali dengan Misa Kudus dan dilanjutkan dengan ramah-tamah (Christmas Carol) dan penampilan dari KKI-KKI, dan dapat disaksikan LIVE pada kanal Youtube berikut:  https://www.youtube.com/watch?v=wJZav05I61k

“Mewakili panitia saya mengucapkan kepada seluruh umat Katolik dan saudara-saudari dari denominasi Kristen lainnya baik yang berada di tanah air Indonesia dan diaspora, selamat menyambut hari kelahiran Sang Juruselamat, semoga Damai Natal selamanya berdiam di hati kita dan di dalam rumah-rumah kita, di tempat-tempat di mana kita bekerja dan melayani, dan semoga kita pun bisa membawa Damai itu kepada semua orang. Tuhan beserta kita,” tutup Shirley Hadisandjaja. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments