Friday, July 1, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiAspebindo Temui Dubes RI di AS, Bahas Investasi Energi Terbarukan

Aspebindo Temui Dubes RI di AS, Bahas Investasi Energi Terbarukan

Washington DC, benang.id –   Pengurus Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batubara Indonesia (Aspebindo) menemui Duta Besar (Dubes) RI di Amerika Serikat (AS), Rosan P Roeslani, akhir pekan lalu di Kedutaan Besar (KBRI) Washington DC.

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum Aspebindo Anggawira dan jajarannya bersama Dubes Rosan membahas soal pengembangan industri hilir bernilai tambah di sektor energi Indonesia dengan meningkatkan investasi dan kemitraan.

“Pengembangan industri hilir di sektor energi harus kita tingkatkan melalui investasi dan kemitraan, apalagi di tengah transisi energi fosil menjadi energi terbarukan. Hal ini kami diskusikan dengan Pak Rosan,” ucap Anggawira dalam pernyataan pers yang diterima di Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Aspebidno di
Ketua Umum Aspebindo Anggawira bersama Dubes RI di AS Rosan P Roeslani, Foto: IST

Sementara itu, Dubes Rosan menyambut hangat kedatangan Aspebindo dan menyampaikan trend transisi energi bersih di dunia. Ia juga menyampaikan beberapa kebijakan di AS yang mendukung transisi energi.

“Pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) saat ini tengah menjadi perhatian dunia, termasuk di Amerika Serikat. Momentum ini harus kita gunakan bersama untuk membangun industri bernilai tambah di Indonesia, kuncinya adalah investasi dan kemitraan. Saya menyambut baik kedatangan Aspebindo yang memiliki semangat ini.” tegas Rosan.

Dalam kunjungannya ke KBRI Washington, Ketua Umum Aspebindo Anggawira memang datang secara khusus untuk menyampaikan minat meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi di Indonesia untuk pengusaha energi terbarukan. Dalam ungkapan awalnya, Anggawira menyampaikan saat ini banyak pengusaha skala kecil dan menengah dengan inovasi produk energi terbarukan yang membutuhkan dukungan.

“Saat ini di Indonesia banyak pengusaha skala kecil dan mene yang menghasilkan inovasi di bidang energi terbarukan. Kita harus bergerak bersama untuk mendukung pengusaha-pengusaha ini dalam mendorong transisi energi di Indonesia, kami berharap KBRI dapat memfasilitasi pengusaha-pengusaha ini,” tutur Anggawira.

Menyambut usulan tersebut Dubes Rosan secara khusus mengundang perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah yang tergabung dalam Aspebindo untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan perusahaan dari Amerika Serikat melalui KBRI.

“Ambisi kolektif untuk mensukseskan transisi energi di Indonesia menjadi semangat kami di Aspebindo, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan KBRI Washington DC . Kami yakin akan muncul pengusaha-pengusaha besar di bidang energi terbarukan dari Aspebindo,” tutup Anggawira.  

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments