Wednesday, November 30, 2022
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupBNI Java Jazz Festival 2022 Penuhi Dahaga Penikmat dan Musisi Jazz

BNI Java Jazz Festival 2022 Penuhi Dahaga Penikmat dan Musisi Jazz

Jakarta, benang.id –  Setelah 2 tahunan vakum akibat pandemi Covid-19 dengan segala pembatasan yang ada, pertunjukan musik secara live mulai marak kembali. Teranyar adalah BNI Java Jazz Festival 2022.

Setelah terhenti di 2021, ajang musik jazz terbesar di tanah air ini kembali digelar 27-29 Mei 2022,di JIExpo, Kemayoran. Tak pelak, BNI Java Jazz Festival 2022 jadi pemuas dahaga para penikmat musik jazz sekaligus para musisinya yang sebelumnya hanya bisa tampil secara daring.

Barry Likumahuwa di Java Jazz Festival 2022
Aksi Barry Likumahuwa di Java Jazz Festival 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Minggu malam (29/5/2022). Foto: benang.id/Adelaide Wreta Gina

Asal tahu saja. Java Jazz Festival terakhir digelar pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020 di JIExpo Kemayoran. Sehari sesudah gelaran itu, atau tepatnya 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Sejak itulah penyelenggaraan event musik apapun sulit dilakukan karena situasi pandemi.

Maka wajar jika sambutan masyarakat khususnya pencinta jazz begitu besar selama tiga hari penyelenggaraan Java Jazz Festival 2022.

Java Jazz Festival
Penonton Java Jazz Festival 2022 di salah satu Hall di JIEXpo, Minggu (29/5/2022). Foto: benangid/Gora Kunjana

Terkait jumlah penonton, dalam keterangan pers dua hari sebelum acara, Direktur Utama Java Festival Production, Dewi Gontha sebagai pihak penyelenggara menyatakan dengan antusiasme yang sangat tinggi, dirinya optimistis bahwa jumlah penonton bakal melebihi ekspektasi. Meski Dewi tidak mau menyebutkan target penonton yang ingin dirangkul.

Dan, terbukti pada hari terakhir saja atau Minggu (29/5/2022), pengunjung tetap membanjiri arena JIExpo untuk menikmati sajian apik nan memukau. Tak ada panggung yang dibiarkan sepi penonton.

Java Jazz Festival 2022 tak hanya membuat happy pencinta music jazz yang dapat kembali ikut bernyanyi dan berdansa-dansi saat idolanya tampil. Para musisi pun tampak bahagia dan bersyukur dapat kembali perform dengan sambutan gegap gempita penggemar mereka.

“Senang sekali malam ini bisa bertemu teman semuanya. Saya mengira hanya puluhan orang saja …ternyata seperti ini penontonnya…,” ujar Barry Likumahuwa saat main di Grab Hall.

Barry Likumahuwa di Java Jazz Festival 2022
Barry Likumahuwa tampil bersama Barry Likumahuwa and The Rythm Service di Java Jazz Festival 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Minggu malam (29/5/2022). Foto: benang.id/Adelaide Wreta Gina

Bersama kelompoknya, Barry Likumahuwa & the Rythm Service, musisi jazz pencabik bass itu memuaskan para fansnya dengan lagu-lagunya sendiri yang sudah sangat dikenal.

Barry juga menyuguhkan beberapa nomor lawas seperti Nusaniwe, dan Esok Kan Masih Ada, tentu dengan aransemen yang kental nuansa jazznya.

Barry seperti biasanya tampil memukau sekaligus sangat menghibur. Ia bukan saja prima menunjukkan atraksi memainkan bas dengan berbagai teknik seperti alternate picking, menampar bas, hingga tapping, semuanya membuat decak kagum penonton, Barry juga menjalin komunikasi kocak. Seperti bagaimana ia mencontohkan ekspresi orang saat menikmati pertunjukan jazz  yang cool, dan sebagainya.

Reza di Java Jazz
Reza Arthamevia di Java Jazz Festival 2022 di JIEXpo, Minggu (29/5/2022). Foto: benangid/Gora Kunjana

Selain Barry, tampil juga di hari ketiga Java Jazz Festival 2022 antara lain: Dewa Bujana, Yura Yunita, Mikha Angelo,  Dira,  Reza Arthamevia, Kahitna, Fariz RM, HIVI.

Kahitna di Java Jazz Festival 2022
Kahitna di Java Jazz Festival 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Minggu malam (29/5/2022). Foto: benang.id/Adelaide Wreta Gina

Selain itu ada juga Sammuel Henshaw, The Temptations Rev feat. Glenn Leonard, Dirty Loops, Ron King Big Band, dan masih banyak lagi.

HIVI di Java Jazz 2022
HIVI di Java Jazz Festival 2022 di JIEXpo, Minggu (29/5/2022). Foto: benangid/Gora Kunjana

Dibuka spesial show oleh JOJO yang bermain di BNI Hall D2, Java Jazz Festival 2022 hari pertama menampilkan The Bakucakar yang menyanyikan lagu-lagu hits dari Glenn Fredly, Erwin Gutawa yang berkolaborasi dengan Ruth Sahanaya, Lea Simanjuntak dan Andmesh Kamaleng, serta Adikara Fardy yang berbagi panggung dengan Ron King Big band. 

Hari kedua Java Jazz Festival 2022 diramaikan penampilan Kaleb J, Budi Doremi dan Basboi, hingga kolaborasi spesial antara komposer legendaris Candra Darusman dengan Dira, Sandhy Sondoro, Rifan Kalbuadi, dan Natasya Elvira. (GK)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments