Monday, July 15, 2024
No menu items!
spot_img
HomeGaya HidupDies Natalis ke-58, UAJY Gelar Lomba Jemparingan Mataraman

Dies Natalis ke-58, UAJY Gelar Lomba Jemparingan Mataraman

Yogyakarta, benang.id – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Lomba Jemparingan Mataraman yang merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis Ke-58 UAJY, bertempat di halaman depan Gedung Slamet Rijadi Kampus II Babarsari, Minggu (10/9/2023).

Acara ini diikuti oleh 170 peserta yang berasal dari daerah Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Solo, Klaten dan Purwokerto serta diikuti oleh berbagai paguyuban yaitu Paguyuban Cakra Jaya, Agung Sedayu, Parikesit, Jaluwasi, Traju Mas, Mangesti, Wani ijen, Manunggal Jati dan lainnya.

Rektor UAJY Dr G Sri Nurhartanto ikut memeriahkan Lomba Jemparingan Mataraman di halaman depan Gedung Slamet Rijadi Kampus II Babarsari, Minggu (10/9/2023). Foto: Humas UAJY

Dr G Sri Nurhartanto SH LLM, Rektor UAJY pada sambutannya mengatakan bahwa sangat berbahagia, karena dapat melaksanakan Lomba Jemparingan Mataraman yang merupakan salah satu olahraga tradisional sejak zaman Kerajaan Mataram.

“Kami konsen bahwa Universitas Atma Jaya Yogyakarta tidak hanya sekadar menekankan hal-hal ilmiah saja, namun kami juga konsen memberikan perhatian terhadap pelestarian budaya Indonesia,” ujar Nurhartanto.

Foto bersama usai Lomba Jemparingan Mataraman UAJY di halaman depan Gedung Slamet Rijadi Kampus II Babarsari, Minggu (10/9/2023). Foto: Humas UAJY

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba yang dibagi menjadi 2 kategori putra dan putri. Titis pertama putra dimenangkan oleh Muji dari Paguyuban Jemparingan Krido Busoro, Klaten. Titis  kedua putra dimenangkan oleh Sugeng dari Paguyuban Krido Senopati Klaten. Titis ketiga putra dimenangkan oleh Ari dari Paguyuban Bodronoyo Prambanan.

Untuk kategori putri, titis pertama dimenangkan oleh Anna dari Paguyuban Jatra Sleman, titis kedua dimenangkan oleh Desi dari Paguyuban Klumutan Manunggal Klaten, dan titis ketiga dimenangkan oleh Khusnul dari Paguyuban Klumutan Manunggal Klaten. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments