Friday, October 7, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiDukung Pengusaha Muda Daerah, Hipmi Hadirkan Peluang Usaha di Sumbar

Dukung Pengusaha Muda Daerah, Hipmi Hadirkan Peluang Usaha di Sumbar

Padang, benang.id – UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian nasional, tak terkecuali di Sumatera Barat. Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumbar, saat ini terdapat 580 unit usaha mikro dan kecil yang berada di Sumatera Barat. Jumlah ini mampu menyerap 1,29 juta tenaga kerja dari sektor non pertanian. Namun ancaman ekonomi global yang tidak menentu dan mulai tingginya inflasi di tingkat produsen kini menjadi tantangan serius bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) melihat situasi ini sebagai peluang untuk mengadakan kegiatan Business Opportunity kepada pengusaha muda. Kegiatan yang dilakukan untuk menghadirkan peluang kolaborasi baru bagi pengusaha muda ini sebelumnya telah dilakukan ke  10 kota di Indonesia. Kini BPP Hipmi menggandeng Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (ADPI) berkunjung ke BPD Hipmi Sumatera Barat untuk menyapa pengusaha muda di Sumbar dengan acara bertajuk “Peluang  Bisnis dan Pembiayaan Produktif untuk Pengusaha Muda Bersama Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi” yang dilaksanakan di Menyala Coffee, Padang.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi Anggawira mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Hipmi terhadap pertumbuhan pengusaha daerah.

“Peluang bisnis itu justru terbuka lebar di daerah bukan di pusat, oleh karena pengusaha muda harus semakin adaptif dan agresif menangkap semua peluang itu. Hari ini kita ajak teman-teman pengusaha muda beradaptasi memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pertumbuhan bisnis. Kita berharap Hipmi dapat mencetak lebih banyak UMKM mapan. Secara khusus, kegiatan ini menawarkan peluang alternatif modal kerja dan pendanaan pengembangan usaha kepada anggota Hipmi di semua tingkatan,” ungkap Anggawira dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Anggawira di Padang
Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi Anggawira dan Ketua Umum BPD Hipmi Sumatera Barat Brian Putra Bastara dalam acara bertajuk “Peluang Bisnis dan Pembiayaan Produktif untuk Pengusaha Muda Bersama Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi” di Menyala Coffee, Padang. Foto: BPP Hipmi

Pengusaha sukses yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral dan Batubara ini menambahkan Hipmi sebagai organisasi juga punya peran strategis untuk kemajuan perekonomian daerah.

“Kekuatan Hipmi terletak pada pengusaha-pengusaha muda di daerah. Oleh karena itu kita perlu membangun ekosistem bagi pengusaha muda di daerah, kita bawa BUMN, Fintech, dan peluang-peluang usaha ke daerah agar menggerakan ekonomi daerah. Inilah definisi tumbuh bersama, tidak hanya yang di pusat saja yang sejahtera, yang di daerah juga harus tumbuh bersama,” kata Anggawira.

Ketua Umum BPD Hipmi Sumatera Barat Brian Putra Bastara menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan serta langkah konkrit Bidang II BPP Hipmi, terkhusus untuk Ketua Bidang II BPP Hipmi, Anggawira yang hadir dengan program di Sumatera Barat untuk membukakan jalan agar pengusaha muda Sumatera Barat bisa naik kelas.

“Harapan kami, setelah acara ini, akan ada kerjasama-kerjasama yang terjalin agar para pengusaha muda Sumatera Barat dapat bertumbuh dan mampu go nasional maupun internasional serta kami berharap agar acara-acara seperti ini bisa rutin dilaksanakan,” tutur Brian.

Sebelumnya pengusaha muda sukses asal Sumatera Barat ini menceritakan antusias pengusaha yang sangat tinggi terhadap kegiatan ini, Menurutnya antusiasme teman-teman pengusaha muda di sumbar disebabkan oleh beberapa hal salah satunya kehadiran berbagai peluang-peluang bisnis baru atau potensi-potensi bisnis yang bisa dikolaborasikan.

“Kami senang sekali hari ini ada AFPI dan Fintech seperti Gradana yang dapat memberikan opsi alternatif akses permodalan ,juga perusahaan skala nasional dalam acara Business Opportunities ini seperti dari Daun Agro di bidang pertanian, Menara Digital, di bidang agency, Mirae Asset di bidang Investasi, Jasa Raharja serta berbagai peluang dari SKK Migas, Krakatau Steel, Berdikari membuat teman-teman menjadi bersemangat,” terang Brian.

Dalam kesempatan yang sama kegiatan ini juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy yang menyampaikan dukungannya untuk kegiatan ini. Menurut Audy pengusaha daerah adalah kunci tumbuhnya investasi dan ekonomi di Sumatera Barat.

“Hipmi Sumbar saat ini bergerak saat aktif dan memberikan peluang kepada kaum milenial. Kegiatan hari ini harus kita apresiasi karena ikut membangkitkan perekonomian daerah,” terang Audy Joinaldy

Selain mengapresiasi kegiatan, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy juga memberikan dukungan moril kepada Anggawira untuk maju sebagai Ketua Umum BPP Hipmi.

“Bang Anggawira kakak kelas kebanggaan, cocok jadi Ketum BPP Hipmi,” kata Wagub.

Business Opportunity yang digelar di Sumatera Barat juga dihadiri pengurus Hipmi Sumatera Barat lainnya. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Angela Oetama (CEO Gradana) serta Hadi Nainggolan (CEO Daun Agro).

“Ini langkah nyata kita semua saya kira untuk mendukung pengusaha muda. Hipmi menuju 100 tahun harus semakin agresif dalam menghadirkan inovasi. Apalagi dukungan UMKM saat ini sudah ada di banyak tempat baik BUMN, BUMD, maupun institusi pemerintahan. Jadi Hipmi akan jadi akselerator perekonomian bangsa ini dengan merajut kolaborasi dan mengawinkan inovasi,” tutup Anggawira yang merupakan Calon Kuat Ketua Umum Hipmi 2022-2025.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments