Monday, July 4, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiGandeng Perumda Varia Niaga, KIP Kembangkan Pelabuhan di Samarinda

Gandeng Perumda Varia Niaga, KIP Kembangkan Pelabuhan di Samarinda

Cilegon, benang.id – PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) terus melakukan pengembangan strategis untuk mengoptimalkan kinerjanya melalui kerja sama di bidang kepelabuhan dan logistik di Kota Samarinda. Kerja sama ini disepakati dengan penandatangan MoU bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga Kota Samarinda.

Direktur Utama KBS Akbar Djohan mengatakan bahwa MoU ini menjadi langkah strategis karena PT KBS sebagai BUMN dan Perumda Varia Niaga Kota Samarinda sebagai BUMD bisa saling bekerjasama untuk bisa saling menguntungkan.

“Langkah MoU ini memang fokusnya di kepelabuhan tetapi turunannya ada bisnis marine service, dan bisnis logistik hal ini yang akan kita bahas untuk bisa saling menguntungkan terutama untuk Perumda Varia Niaga walaupun tantangan itu pasti ada,” ungkap Akbar, dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Akbar menjelaskan Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera yang mengoperasikan Krakatau International Port dengan luas 60 hektar dan 17 dermaga serta berbagai kedalaman draft mulai dari 7 meter sampai 21 meter. Fokus pada desain master plan sebagian untuk konteiner dan sebagian untuk liquid, desain master plan akan dikerjakan jika FS berjalan dengan lancar. Cilegon akan mewujudkan cluster 10 juta ton baja, saat ini terdapat 5,4 juta ton baja.

Pelabuhan. Ilustrasi: IST/PT KBS

“Diharapkan pelabuhan KIP menjadi yang paling dominan di wilayah Banten. Pelaku industri, keluarga maritim Banten, Pemprov Banten, Pemkot Banten bisa bekerja sama untuk satu visi menjadikan perairan Banten role model dari pelabuhan curah,” ujar Akbar.  

Akbar menambahkan perlu adanya komunikasi yang positif, agar bisa mendorong kearifan lokal setiap daerah untuk bisa saling bersinergi dan mendukung kerja sama ini.

Dalam MoU ini PT KBS dan Perumda Varia Niaga akan bekerja sama dalam Jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal, Pembangunan Pelabuhan Multipurpose di Palaran, Samarinda, Pengelolaan Pelabuhan di Harapan Baru, Samarinda dan Pengelolaan dermaga pasar pagi milik Pemkot Samarinda.

Direktur Utama Perumda Varia Niaga, Syamsuddin Hamade mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal bagaimana seperti yang disampaikan l DPMD bekerja sama DPMN untuk kebermanfaatan di kota Samarinda.

“Bagaimana Muhammad Al-fatih membuat peradaban, beliau membuat tower dan beberapa peraturan di selat Bosphorus. Ternyata awal dari membangun peradaban itu adalah membuat aturan pengelolaan Selat Bosphorus bagi kebermanfaatan sekitar. Semoga apa yang kita lakukan hari ini membawa dampak dan kebermanfaatan untuk Samarinda seperti visi Wali kota untuk membangun peradaban kota Samarinda,” kata Syamsuddin.

Sementara Walikota Samarinda, Andi Harun mengatakan MoU ini sebagai langkah awal pengelolaan sektor Mahakam di wilayah Samarinda. Sebelumnya salama belasan tahun tepian sungai Mahakam tidak berdampak besar pada pemerintah kota dan masyarakat Samarinda.

“Dari semua totalitas, hampir separuh Muara Berau menyumbangkan lalu lintas batu bara. Visi negara dan manfaat untuk daerah sekitar menjadi alasan kerja sama ini perlu berjalan,” ungkap Andi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments