Tuesday, January 31, 2023
No menu items!
spot_img
HomeNasionalHakordia 2022, Menteri Trenggono: KKP Komit Lawan Korupsi

Hakordia 2022, Menteri Trenggono: KKP Komit Lawan Korupsi

Jakarta, benang.id – Dalam upaya mewujudkan pembangunan sektor kelautan dan perikanan sesuai prinsip ekonomi biru, Kementerian Kelautan dan Perikanan berkomitmen melawan segala bentuk praktik korupsi.

Demikian disampaikan Menteri Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutannya pada acara puncak peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia atau Hakordia 2022 KKP di Jakarta, Senin (12/12/2022). Hakordia diperingati setiap tanggal 9 Desember di seluruh dunia.

“Tanggal 9 Desember menjadi simbol perlawanan bersama untuk menghentikan korupsi, yang di banyak negara telah menjadi wabah pembawa kesengsaraan rakyat dan menjadi musuh bersama, musuh rakyat di seluruh dunia. Sesungguhnya semangat itulah yang menjadi dasar ditetapkannya tanggal 9 Desember sebagai hari anti korupsi sedunia sejak tahun 2003 oleh PBB,” kata Menteri Trenggono, dalam siaran persnya.

Menteri Trengono juga menyampaikan bahwa KKP selalu berkomitmen untuk mencegah dan memberantas korupsi salah satunya dengan berani bertindak tegas melalui leadership.

“Leadership mempunyai peranan penting dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Bukan hanya sekedar komitmen, namun harus dibarengi dengan tindakan tegas dalam menjalankan komitmen tersebut. Ketegasan tidak cukup hanya dengan “kata-kata berkomitmen akan”, tetapi harus dengan keberanian untuk bertindak, menjaga serta mengawal pencegahan dan pemberantasan korupsi,” tegasnya.

Selain itu, Sistem Integritas yang telah dimiiliki KKP memerlukan dukungan pengawasan yang efektif baik yang dilakukan pengawas internal oleh Inspektorat Jenderal, maupun pengawas eksternal serta peran serta masyarakat untuk mengawasi kerja aparat pemerintah.

“Profesionalisme Aparat Pengawas Intern mempunyai posisi yang sangat sentral dalam pencegahan korupsi. Kinerja Aparat Pengawasan Intern bukan diukur dari seberapa banyak temuan tetapi bagaimana mencegah secara berkelanjutan agar tindak pidana korupsi itu tidak sampai terjadi lagi,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Tenggono juga menyerahkan penghargaan kepada unit kerja KKP yang sudah berpredikat WBK dan WBBM, dan pemenang lomba poster Hakordia 2022 lingkup KKP, serta unit kerja yang mendapatkan penghargaan dari pihak eksternal KKP.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pejabat dan pegawai KKP telah mengharumkan nama baik KKP di berbagai kesempatan dan meraih beberapa penghargaan, baik dari pihak eksternal maupun internal. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendedikasikan tenaga dan pemikirannya, membawa perubahan dalam organisasi ini. Harapan saya, kita semua dapat terus berkomitmen secara bersama-sama untuk mengakselerasi kegiatan- kegiatan yang dapat membawa perubahan (reform) ke arah yang lebih baik,” tutupnya. (*)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments