Thursday, August 11, 2022
No menu items!
spot_img
HomeEkonomiHipmi Kolaborasi dengan Goorita Dorong UMKM Go Global

Hipmi Kolaborasi dengan Goorita Dorong UMKM Go Global

Jakarta, benang.id – Dalam rangka mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar internasional atau go global, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) melakukan penandatanganan MoU kerja sama dengan Goorita.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UMKM BPP Hipmi Rano Wiharta dengan Chief Executive Officer (CEO) Goorita Yuwono Wicaksono Kantor Sekretariat BPP Hipmi, Sahid Sudirman Center, Jakarta (7/7/2022).

Ketua Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UMKM BPP Hipmi Rano Wiharta mengatakan, dengan hadirnya Goorita akan dapat membantu pengusaha-pengusaha muda di seluruh Indonesia dapat memasarkan dan mengirimkan produknya ke luar negeri.

Menurut dia, penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Hipmi dan Goorita merupakan inovasi yang dapat membantu UMKM go global yang memungkinkan UMKM melakukan tracking dan tracing produknya.

“Kini Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UMKM BPP Hipmi sudah bekerjasama dengan Goorita, yang dimana komitmen ini bertujuan untuk membantu produk-produk UMKM Indonesia dapat naik kelas dan berani bersaing di tingkat nasional maupun global. Pada prinsipnya, kerja sama antara BPP Hipmi dan Goorita ini adalah untuk merealisasikan komitmen Hipmi khususnya Bidang VI yang membawahi UMKM untuk dapat membangkitkan UMKM Indonesia, terutama setelah diterpa pandemi selama dua tahun lebih dan dengan kehadiran kerja sama antara Goorita dan Hipmi ini banyak memberikan beberapa benefit khususnya untuk UMKM,” ujar Rano.

Rano membeberkan, ruang lingkup kerja sama tersebut di antaranya yaitu memberikan pelatihan UMKM, membantu perizinan ekspor UMKM, membantu izin BPOM dan perizinan lain yang diperlukan UMKM, membantu dan mengasistensi produk-produk UMKM untuk dapat ekspor, membantu memasarkan dan mencarikan pembeli dari luar negeri, membangun Goorita Center di daerah-daerah atau sinergi dengan sekretariat masing-masing BPD Hipmi untuk dijadikan UMKM Hub yang dapat menjadi sentral pelatihan UMKM, pengemasan dan pengalengan produk UMKM, serta diskon pengiriman internasional bagi anggota Hipmi.

Ia pun mengajak para diaspora untuk mencoba produk UMKM yang telah masuk pasar internasional di bawah kerangka kerja sama Hipmi dan Goorita, sekaligus menjadi marketer produk UMKM Indonesia kepada jejaringnya masing-masing.

“Jadi, ini adalah salah satu bentuk komitmen Hipmi untuk membantu UMKM. Kolaborasi Hipmi dengan Goorita dapat menjadi contoh untuk diadopsi ke negara-negara lain, sebab berbagai kendala yang dihadapi UMKM Indonesia untuk melakukan ekspor, seperti pemenuhan regulasi pasar internasional, dapat dijembatani dengan peran diaspora Indonesia di antaranya melalui global marketplace hingga pemasaran produk lewat komunitas diaspora di berbagai negara,” ucapnya.

Di tempat yang sama, CEO Goorita Yuwono Wicaksono mengungkapkan bahwa Goorita hadir untuk mendukung bisnis lokal Indonesia agar dapat bersaing secara global dengan solusi termudah dalam memasarkan dan mengirimkan produk lokal Indonesia ke seluruh dunia. Ia menyebut, ada tiga layanan utama yang dihadirkan yakni Marketplace, Fulfillment dan Logistics, Goorita siap membantu mengembangkan usaha lokal menjadi bisnis yang mendunia.

“Saya menyambut baik kerja sama dengan BPP Hipmi terutama di Bidang VI. Semoga kita bisa membawa banyak anggota Hipmi untuk naik kelas ke level yang lebih tinggi dan bisa segera mencapai cita-cita go global bersama,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Sony itu menjelaskan, kemudahan bagi UMKM memperkenalkan produknya ke pasar luar negeri kini semakin efektif dan efisien, salah satunya dengan mengandalkan Goorita yang merupakan one stop service yang membantu bisnis lokal termasuk UMKM agar mampu bersaing secara global di luar negeri. Bekerjasama dan terintegrasi dengan marketplace terkenal di dunia serta kurir logistik internasional, Goorita menyediakan layanan pengiriman internasional termurah dan tercepat.

“Goorita adalah salah satu platform yang membantu UMKM untuk bisa naik kelas terutama untuk development product-nya. Jadi kita bisa membantu packaging, sertifikasi, dan memberikan asistensi terkait dengan bagaimana produk ini branding-nya bisa lebih baik, ini salah satu tugas dari Goorita untuk membawa produk Indonesia terutama bisa go national dan go global,” tuturnya.

Platform ini, lanjut Sony, turut hadir untuk mendukung bisnis lokal Indonesia agar dapat bersaing secara global dengan solusi termudah dalam memasarkan dan mengirimkan produk lokal Indonesia ke seluruh dunia. Kehadiran Goorita diyakini turut mendorong capaian ekspor Tanah Air.

“Harapannya bisa lebih banyak produk-produk Indonesia berkualitas dan lebih baik secara packaging, sertifikasi, branding dengan produk-produk internasional. Saat ini kita sebenarnya sudah ter-connect ke berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta Bank Indonesia juga ada kolaborasi, sehingga mempermudah kita untuk bergerak di daerah karena kita sangat butuh support terutama dari pemerintah daerah dan pemerintah kota untuk bersama-sama membangun ekosistem besar. Tidak mungkin Goorita jalan sendiri, kita butuh banyak pihak salah satunya Hipmi diharapkan akan bisa membawa perubahan besar buat Indonesia,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments